ADVERTISEMENT

5 Arti Warna Baju Pengantin, Gaun Hitam Punya Makna Mendalam

Hestianingsih - wolipop Senin, 31 Jan 2022 09:00 WIB
Gaun pengantin princess Arti warna baju pengantin. Foto: Instagram/Getty Images
Jakarta -

Warna baju pengantin secara universal identik dengan putih. Dalam pernikahan, baju warna putih sering diasosiasikan dengan kebaikan, kepolosan, kesucian dan keperawanan. Arti warna baju pengantin putih juga diamini sebagai kesempurnaan.

Namun di beberapa daerah, baju pengantin bisa berwarna lain tergantung dari budaya. Terlepas dari adat dan budaya, pengantin bisa memilih warna baju pengantin sesuai keinginan dan gaya yang ingin ditampilkan di hari bahagianya.

Tiap warna pada baju pengantin pun memiliki arti tersendiri. Untuk kamu calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan, berikut ini lima arti warna baju pengantin, seperti dilansir dari Vows Bridal.

1. Ivory

baju pengantin bercelanaBaju pengantin warna ivory. Foto: Pinterest

Sekilas, warna baju pengantin ivory terlihat seperti putih, dan merupakan warna klasik untuk baju pengantin. Dalam bahasa Indonesia, ivory diartikan sebagai warna gading yang lebih hangat dan memiliki sembutan kuning atau krem.

Tidak ada arti khusus dari warna baju pengantin ivory, namun beberapa orang meyakini bahwa ivory merupakan simbol dari kepolosan yang ternoda. Terlepas dari itu, warna ivory tetap jadi favorit para pengantin karena terlihat lebih bagus di kulit mereka.

2. Merah

Penampilan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar saat hari pernikahanBaju pengantin warna merah. Foto: Dok. Instagram @verakebaya

Warna merah bisa berarti banyak hal. Dalam pernikahan baju pengantin warna merah menyimbolkan cinta, gairah, emosi yang kuat, kebahagiaan, energi dan kekuatan.

3. Pink

Gaun pengantin princessGaun pengantin pink. Foto: Instagram/Getty Images

Warna pink mencerminkan kepolosan, kepribadian yang ceria, kesegaran, kemurnian, cinta dan kehidupan yang baik. Pink juga umumnya diasosiasikan dengan wanita dan femininitas.

4. Biru

Pernikahan Ria Ricis dan Teuku RyanBaju pengantin biru. Foto: Instagram/@riaricis1795/@imagenic

Biru melambangkan ketenangan, stabilitas, rasa aman dan kesetiaan. Warna ini, khususnya biru cobalt, juga menyimbolkan keagungan dan femininitas.

5. Hitam

pengantin pakai gaun hitamBaju pengantin hitam Foto: @caitlinconnell.photo)

Hitam merupakan warna yang tidak umum sebagai baju pernikahan. Tapi bagi pengantin yang ingin tampil beda, warna baju pengantin hitam bisa jadi pilihan. Terlebih lagi dalam adat Jawa dan Minangkabau, baju pengantin hitam menjadi hal yang lumrah.

Arti warna baju pengantin hitam menyimbolkan keanggunan, kesan lebih berkelas dan misterius. Hitam juga mencerminkan kekuatan, seksualitas, sofistikasi, formalitas dan kesejahteraan.



Simak Video "Kisah Lee Soo Man Pendiri SM Entertainment Bakal Dijadikan Film Dokumenter"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)