ADVERTISEMENT

Ini Kota Terkecil di Dunia, Cuma Punya Dua Jalan dan Tiga Deret Rumah

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Sabtu, 26 Nov 2022 16:01 WIB
Hum, Kota Terkecil di Dunia Hum, Kota Terkecil di Dunia. Foto: Tangkapan Layar YouTube/ Explore Croatia
Jakarta -

Hum adalah sebuah kota di Istria, Kroasia, yang populer sebagai kota terkecil di dunia. Berlokasi di pusat Istria, kota yang berdiri sejak abad pertengahan ini hanya dihuni 20-30 orang.

Hum terletak di puncak bukit, sekitar 2,5 jam perjalanan dari ibukota Kroasia, Zagreb. Kota tua ini disebut berdiri pada tahun 1102 dan sebelumnya lebih dikenal dengan nama Cholm.

Seperti dikutip dari Oddity Central, Kota Hum hanya sepanjang 100 meter dan lebar 30 meter. Pada abad pertengahan Kota Hum dikelilingi bebatuan untuk membentingi wilayah dari serangan bandit.

Entah karena alasan apa, benteng tersebut tidak pernah diperlebar seperti kota-kota lain di dekatnya. Kota ini juga tidak pernah mengalami pengembangan selama berabad-abad.

Hum, Kota Terkecil di DuniaHum, Kota Terkecil di Dunia. Foto: Tangkapan Layar YouTube/ Explore Croatia

Sejak 1552, hanya ada pembangunan lonceng serta menara pengawas sebagai bentuk pertahanan dan tameng terhadap musuh. Bahkan hingga saat ini Kota Hum hanya terdiri dari tiga baris perumahan dan dua jalan.

Bangunan serta rumah di kota ini juga tidak mengalami modernisasi. Gaya rumah kuno dan klasik tetap dipertahankan, meskipun warganya sudah mengenakan busana yang lebih modern.

Hum, Kota Terkecil di DuniaHum, Kota Terkecil di Dunia. Foto: Tangkapan Layar YouTube/ Explore Croatia

Predikat sebagai Kota Terkecil di Dunia membuat Hum menarik minat banyak turis untuk mengunjunginya. Pariwisata pun jadi pemasukan kedua terbesar bagi warga lokal di samping pertanian.

Tidak banyak yang bisa dilihat atau dieksplor ketika turis asing maupun domestik mengunjungi tempat ini. Tapi status Hum sebagai kota terkecil dunia sudah cukup menjadi daya tarik tersendiri.

Hum, Kota Terkecil di DuniaHum, Kota Terkecil di Dunia. Foto: Tangkapan Layar YouTube/ Explore Croatia

Namun warga lokal tetap berusaha membuat pengalaman berkunjung ke Kota Hum jadi cerita yang tak terlupakan. Mereka berusaha sebaik mungkin menyambut para pengunjung dengan dengan hangat untuk membuat mereka betah selama berada di sana.

Kamu tertarik datang dan melihat langsung kota terkecil di dunia?



Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)