ADVERTISEMENT

Viral Kucing Naik Pesawat Rute Domestik RI, Ini Aturan Bawa Hewan Peliharaan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 20 Jan 2022 11:32 WIB
Video TikTok viral seorang pria membawa kucing naik pesawat. Video TikTok viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @pramugara_pramugari.
Jakarta -

Hewan peliharaan biasanya akan dititipkan ke tempat penitipan hewan jika pemiliknya ingin mudik atau liburan naik pesawat. Namun, dalam video ini seorang pria terlihat membawa kucing peliharaannya ikut naik pesawat.

Video kucing naik pesawat ini pun viral setelah dibagikan oleh akun TikTok @pramugara_pramugari. Dalam video yang berdurasi 17 detik itu terlihat seorang pria membawa kandang transparan berisi kucing warna oranye saat naik pesawat rute domestik.

"Ajak kucing naik pesawat check #pesawat #pramugari #cutecat," tulis akun TikTok @pramugara_pramugari.

Kucing yang ikut naik pesawat ini tampak tenang ketika diajak berjalan-jalan oleh sang pemilik. Sang kucing terlihat duduk di kursi pesawat bersama pemiliknya.

Video viral tersebut hingga kini sudah ditonton lebih dari 2,3 juta Views. Warganet yang membanjiri kolom komentar sebagian bertanya pada sang pengunggah video tentang syarat membawa kucing naik pesawat.

"Kalau kucing aku dibawa kayak gitu sudah ngereog di dalam pesawatnya," canda pengguna TikTok @cipta_rindy.

"Kok bisa gimana cara ngurus perizinan pak?" tanya akun @Hambaanabul.

"Penerbangan domestik gmn kak bisa ? Mohon di jawab soalnya aku juga mau bawa kucingku dari Bandung ke Bali," ujar akun @nadianawira.

@pramugara_pramugari #pesawat #pramugari #cutecat ♬ Janji Manis - Masdo

Syarat Bawa Hewan Peliharaan Naik Pesawat

Setelah unggahan kucing naik pesawat viral, akun TikTok @pramugara_pramugari menjelaskan bahwa beberapa maskapai sudah mengizinkan hewan peliharaan dibawa ke pesawat. Namun tidak semua jenis hewan, hanya beberapa saja seperti anjing, kucing dan burung.

Jika ingin membawa hewan ke pesawat, pemilik juga harus membawa hewan peliharaannya ke bagian karantina di bandara setempat terlebih dahulu. Pemilik hewan juga wajib membawa surat dari dokter hewan yang menyatakan hewan peliharaan tersebut dalam kondisi sehat.

"Di bagian karantina hewan di bandara setempat, kamu akan mendapatkan surat keterangan biaya karantina hewan di bandara sebesar Rp3.000-Rp.5.000. Kamu bisa membawa hewan tersebut yang sudah dilengkapi surat keterangan ke bagian kargo," tulis akun TikTok @pramugara_pramugari dalam keterangannya di video yang sudah dikonfirmasi Wolipop.

Video TikTok viral seorang pria membawa kucing naik pesawat.Video TikTok viral seorang pria membawa kucing naik pesawat. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @pramugara_pramugari.

Berikut surat-surat yang harus dilengkapi jika hendak membawa hewan peliharaan:

1. Surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan kesehatannya baik dan tidak mempunyai penyakit menular.

2. Surat izin pengangkutan dari kantor karantina setempat.

3. Surat pembebasan tanggung jawab (pada saat penerimaan di bandara). Lakukan pengurusan surat-surat tersebut jauh-jauh hari, minimal satu hari sebelum keberangkatan.

"Yang paling penting tak lupa untuk membayar biaya pesawat. Biaya angkut hewan peliharaan setiap airlines berbeda-beda. Siapkan dana yang cukup. Sesuai dengan budget yang dibutuhkan. Perlu diingat, jika hewan peliharaan dibawa sebagai bagasi, dia tidak termasuk dalam pelayanan bagasi penumpang. Jadi, meski bobot hewan ringan dia akan tetap dikenakan biaya khusus lho," demikian informasi lainnya yang ditulis akun TikTok @pramugara_pramugari soal aturan membawa hewan peliharaan naik pesawat.

(gaf/eny)