Cara Mengelus Kucing Agar Jinak, Ini 4 Bagian Tubuh yang Disukai Kucing

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 02 Sep 2021 19:30 WIB
Asian man with elder cat lying on chest at home. Foto: iStock
Jakarta -

Kucing memang hewan yang menggemaskan dan bisa menenangkan. Tak heran jika banyak orang berusaha menyentuh dan mengelusnya. Meski tidak selalu memberikan perlawanan, kucing belum tentu mau dipegang sembarangan. Cara mengelus kucing agar jinak pun perlu diketahui agar kamu tidak dicakar. Ketahui apakah kesalahan kamu selama ini menjadi penyebab kucing tidak mau dipegang.

Cara Mengelus Kucing Agar Jinak: Kenalkan Diri Dulu

Selain karena gemas banyak orang memelihara kucing sebagai cara untuk menenangkan diri. Sudah terbukti hanya dengan mengelus kucing dapat menghilangkan stres dan kecemasan. Tapi meski terlihat jinak, sebaiknya jangan asal menyentuhnya. Disarankan agar kamu berkenalan dulu terlebih jika kucing masih asing dengan kita.

Dilansir Daily Paws, kucing akan merasa terancam atau terkejut jika kamu langsung mengelus. Beberapa cara yang bisa dilakukan saat berkenalan adalah mendekatkan jari ke depan hidung supaya hewan itu bisa mengendus dan memutuskan apakah kamu berbahaya. Jika responnya baik bahkan sengaja mendekat, itu jadi tanda kucing mau berteman.

Asian man with elder cat lying on chest at home.Asian man with elder cat lying on chest at home. Foto: iStock

Tanda-tanda Kucing Mau Dipegang

Mengelus kucing dapat menghilangkan stres jika kamu tahu cara membaca bahasa tubuhnya. Beberapa hal yang bisa menjadi pertanda bahwa kucing mau dipegang antara lain:
- Menginisiasi sentuhan atau mendekatkan diri
- Ekor dan telinganya naik dengan relaks
- Postur tubuh dan ekspresinya tidak tegang
- Mendengkur halus
- Melakukan gerakan 'kneading' atau seperti mengulen
- Menggesekkan tubuhnya misalnya kucing mengelus ke kaki

Tanda-tanda Kucing Tidak Mau Dipegang

Kucing biasanya menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya sedang tidak nyaman. Ketika itu, sebaiknya kamu meninggalkan dia sendirian. Mengetahui tanda bahwa kucing tidak mau dipegang adalah salah satu cara mengelus kucing yang benar.
- Menjauh atau menghindari tangan
- Bersikap ingin mencakar
- Mendesis seperti marah
- Ekornya bergerak-gerak atau menegang
- Telinga ke belakang
- Tidak merespon positif (tidak mendengkur atau menggesekkan tubuhnya).

Bagian Tubuh yang Disukai Kucing

Titik kelemahan kucing sebenarnya tidak sulit untuk ditebak. Perhatikan saja bagian tubuh mana yang biasanya mendapatkan respon positif ketika disentuh. Kamu pun bisa coba memegangnya di lima titik ini:

Bawah Dalam Dagu
Salah satu bagian yang disukai kucing adalah di bawah dagu. Pastikan bahwa kamu menyentuh bagian dalamnya dengan halus, terutama di sekitar tulang rahang yang terkoneksi ke tulang kepala. Dilansir Vet Street, karena di situ adalah letak kelenjar penciuman.

Pipi, Belakang Kumis
Titik kelemahan kucing lain terletak pada pipinya yang juga merupakan letak kelenjar penciuman. Mengapa kucing suka disentuh di sana? Karena kelenjar itu akan merilis aromanya pada kamu jadi kamu bisa bau kucing dan tercium lebih ramah oleh mereka atau biasanya disebut 'scent marking'.

Asian man with elder cat lying on chest at home.Asian man with elder cat lying on chest at home. Foto: iStock

Di Belakang Telinga
Kucing sering menggesekkan kepalanya kepada orang yang disukai yang menjadi salah satu cara mereka 'scent marking'. Karena itu, kamu juga bisa menyentuhnya di sana. Cara mengelus kucing agar jinak adalah dengan memegangnya di area belakang telinga.

Pangkal Ekor Kucing
Ketika kamu tidak yakin apakah kucing itu bersahabat atau tidak, coba pegang pangkal ekornya. Hindari memegang terlalu keras atau dilakukan di bagian ujung. Pastikan pula jika kondisinya sedang relaks jadi kucing tidak merasa terancam.

Bagian Tubuh yang Tidak Disukai Kucing

Perut
Seperti kebanyakan manusia kucing juga akan tidak suka dipegang di bagian perut. Alasannya adalah kucing mengetahui bahwa dia bisa menjadi mangsa dari predator dan mereka punya insting untuk melindung bagian yang menyimpan organ-organ vital. Jadi jangan heran jika kucing tiba-tiba tidak mau dipegang ketika disentuh di perut.

Itulah cara mengelus kucing agar jinak dan bagian tubuh mana yang aman untuk dipegang.

(ami/ami)