8 Etiket yang Harus Diketahui Setiap Penumpang Pesawat

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Jul 2018 11:51 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Sering kali para penumpang dibuat tidak nyaman karena ulah 1-2 orang yang bersikap masa bodoh atau kurang bertata krama saat bepergian dengan pesawat. Maka dari itu, penting memerhatikan etiket saat naik pesawat demi kenyamanan diri sendiri juga orang lain.

Bagaimana menjadi penumpang pesawat yang baik? Simak delapan etiket yang harus diperhatikan saat naik pesawat, seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. Jangan Merepotkan Antrean di Gerbang Pemeriksaan
Etiket bepergian dengan pesawat dimulai dari sebelum boarding. Saat antre di gerbang security, sebaiknya Anda sudah menyiapkan boarding pass dan kartu pengenal seperti KTP, paspor atau SIM.

Anda bisa mempercepat proses pemeriksaan dengan mencopotjam tangan dan ikat pinggang, mengeluarkan laptopdari tas, dan memisahkan botol berisi cairan sebelum mencapai conveyor belt. Sikap ini akan membuat Anda dan orang yang mengantre di belakang menuju gerbang pemeriksaan lebih cepat.
8 Etiket yang Harus Diketahui Setiap Penumpang PesawatFoto: Reuters

2. Sisakan Ruang di Kompartemen Kabin
Semakin banyak penumpang naik pesawat, ruang yang tersisa di bagasi kabin atau kompartemen juga makin terbatas. Jika Anda masuk pesawat lebih dulu, tempatkan koper atau tas secara vertikal di kompartemen. Dengan begitu lebih menghemat ruang ketimbang menaruhnya secara horizontal.

Baca Juga: 3 Tips Pilih Kursi Terbaik di Pesawat agar Nyaman Maksimal saat Penerbangan

3. Bantu Penumpang Lain
Saat menaruh koper atau tas di kompartemen, Anda bisa menawarkan penumpang lainnya di baris tempat duduk yang sama untuk sekalian menaruhnya. Tidak hanya membantu sesama penumpang, sikap ini juga membuat proses boarding lebih cepat dan efisien.
8 Etiket yang Harus Diketahui Setiap Penumpang PesawatFoto: (Michael Buholzer/AFP)

4. Tukar Kursi dengan Keluarga/Teman yang Traveling Bersama
Kalau bepergian sendirian, dan kebetulan ada satu keluarga di dekat Anda yang duduknya terpisah, coba tawarkan untuk bertukar kursi agar mereka bisa duduk berdekatan. Mungkin kelihatannya hal sepele, tapi sikap seperti ini akan membuat mereka sangat berterima kasih.

5. Jaga Barang-barang Pribadi
Jaga barang-barang pribadi selalu di dekat Anda agar tak mengganggu orang lain. Saat berjalan di selasar pesawat dan membawa tas besar, pegang tas tersebut di depan dan dekat dengan tubuh, agar tak menyenggol penumpang lain. Pastikan semua keperluan Anda selama di pesawat disimpan dalam satu tas yang ditempatkan di bawah kursi agar tidak selalu bolak-balik membuka kompartemen atas yang bisa mengganggu penumpang sebelah.
8 Etiket yang Harus Diketahui Setiap Penumpang PesawatFoto: Thinkstock

6. Jangan Sembarangan Mengajak Orang Mengobrol
Sebagian orang senang menghabiskan waktu selama di pesawat dengan mengobrol bersama penumpang di sebelahnya. Sementara yang lain, lebih suka menikmati waktu sendiri entah dengan membaca, mendengarkan musik, nonton film atau tidur. Jadi sebaiknya hindari mengobrol dengan orang jika ia memang terlihat tidak ingin melakukannya.

Baca Juga: Tips Agar Bebas Masalah Saat Membawa Koper ke Kabin Pesawat

7. Hindari Membawa Makanan Beraroma Menyengat
Sebaiknya hindari membawa bekal dengan aroma menyengat seperti sandwich tuna atau burger. Bawalah camilan yang aromanya tidak terlalu kuat, seperti kacang-kacangan, biskuit, cookies atau pretzel.
8 Etiket yang Harus Diketahui Setiap Penumpang PesawatFoto: Thinkstock

8. Turun Pesawat dengan Tenang
Setelah perjalanan panjang dan akhirnya mendarat, semua orang tentu ingin segera keluar dan turun. Tak jarang situasi di dalam pesawat jadi kaos. Janganlah Anda menambah kerumitan dan kehebohan di pesawat dengan ikut terburu-buru juga.

Buka kompartemen dengan tenang, ambil barang bawaan dan jika bisa tawarkan bantuan untuk mengambilkan tas penumpang lain. Saat keluar pesawat, jangan lupa tersenyum dan ucapkan terima kasih pada kru pesawat yang telah membantu Anda dalam perjalanan.
(hst/hst)