Kenapa Badan Terasa Sakit Setelah Berhubungan Seks? Ini Sebabnya

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 12 Agu 2021 05:30 WIB
Couple Relaxing Together In Bed Foto: Thinkstock
Jakarta -

Apakah kamu pernah merasa badan pegal-pegal setelah bercinta? Berikut penjelasan kenapa badan terasa sakit setelah berhubungan seks.

Dokter Vanda Mustika mengatakan saat berhubungan seks dan terjadi orgasme, tubuh memproduksi suatu hormon endorfin endogen yang akan membuat kamu dan suami merasa nyaman. Hormon yang diproduksi karena orgasme itu juga membuat otot-otot melemas, rasa mengantuk dan suasana hati yang lebih tenang.

Sehingga beberapa orang langsung merasa mengantuk setelah orgasme. Namun tentu saja hormon ini tidak diproduksi berlebihan, hanya sesaat setelah orgasme saja. Biasanya setelah orgasme dan bangun tidur kebanyakan orang merasa lebih segar akibat pengaruh hormon ini.

Bila kamu atau pasangan justru merasa pegal-pegal setelah berhubungan seks, coba ingat-ingat kembali posisi saat berhubungan semalam. Beberapa orang (terutama wanita) membutuhkan posisi tertentu untuk bisa mencapai orgasme.

Misalnya apakah posisi kedua kaki terlalu menumpu berat badan, ataukah terlalu ditekuk berlebihan. Saat melakukan hubungan seksual pasangan biasanya tidak menyadari bahwa posisi tersebut ternyata tidak nyaman bagi tubuh. Dan inilah alasan kenapa badan terasa sakit setelah berhubungan seks atau bangun tidur.

Kemungkinan lain kenapa badan terasa sakit setelah berhubungan seks adalah tubuh yang memang kurang bugar disertai otot-otot tubuh yang kaku karena kurang mengalami peregangan. Perbanyaklah latihan fisik seperti berenang, berjalan kaki atau naik sepeda dan selalu lakukanlah pemanasan atau peregangan otot terlebih dahulu.

Latihan fisik berguna untuk memperbaiki peredaran darah ke otot sehingga memperkuat otot serta ketahanan (endurans) dari otot-otot paha, betis dan kaki. Dengan tungkai yang sehat dan kuat, kamu dan pasangan akan dapat mencoba berbagai gaya lainnya nantinya.

Sekarang sudah tahu kan kenapa badan terasa sakit setelah berhubungan seks? Seperti saran dr. Vanda, jangan lupa untuk berolahraga atau memperhatikan lagi posisi seks yang dilakukan.



Simak Video "13 Tahun Menikah, Hanya Berhubungan Seksual 3 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)