Cara Senam Kegel Sederhana untuk Merapatkan Miss V, Simak Dos & Don'ts-nya

Hestianingsih - wolipop Senin, 29 Mar 2021 21:00 WIB
Portrait of serious young Caucasian woman wearing sportswear doing abdominal exercise lying on mat in gym Ilutrasi senam kegel. Foto: Getty Images/iStockphoto/MangoStar_Studio
Jakarta -

Senam kegel merupakan latihan yang fokus pada pembentukan otot pelvis, yakni otot yang berada di sekitar tulang panggul dan Miss V. Jika rutin dilakukan, senam kegel diyakini dapat memperkuat dan mengencangkan Miss V. Bahkan ada yang percaya senam kegel bisa merapatkan Miss V.

Dilakukan dengan tujuan memperkuat otot pada area genital, ada cara sederhana senam kegel untuk merapatkan Miss V kembali, khususnya setelah melahirkan. Namun perlu digarisbawahi, bahwa istilah 'merapatkan Miss V' lebih untuk mengembalikan kekencangan Miss V, bukan benar-benar membuat 'rapat' seperti layaknya gadis perawan.

Seperti apa cara senam kegel sederhana untuk merapatkan Miss V? Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Senam Kegel Sederhana 1

Cara mengencangkan otot vagina dengan senam kegel sederhana menurut pakar seks Dr Laura Berman yaitu dengan melakukan gerakan seperti saat menahan buang air kecil. Tujuannya agar otot vagina bergerak. Lakukan gerakan menahan tersebut minimal dua kali sehari sebanyak 10 kali tiap latihan.

Latihan senam kegel sederhana yang dilakukan minimal enam minggu setiap hari akan menunjukkan manfaatnya. Usahakan melakukan latihan tersebut dengan posisi paha yang terbuka.

Senam Kegel Sederhana 2

Pertama mulai regangkan otot-otot di dasar panggul selama tiga hitungan, kemudian kendurkan selama tiga hitungan. Kemudian teruskan sampai kamu menyelesaikan 10 pengulangan.

Selama beberapa hari berikutnya, berlatih sampai kamu dapat menahan otot tegang selama 10 hitungan. Lakukan tiga set 10 pengulangan setiap hari.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Senam Kegel Sederhana untuk Merapatkan Miss V

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, manfaat senam kegel mungkin baru bisa dirasakan beberapa bulan, setelah konsisten latihan setiap hari. Efek senam kegel juga bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Beberapa orang menunjukkan peningkatan besar dalam kontrol otot dan menahan urine, ada pula yang perubahannya tidak terlalu signifikan. Selain itu perhatikan intensitas latihan, jangan berlebihan atau terlalu sering dilakukan.

Melatih otot terlalu keras mengakibatkan otot menjadi lelah dan tidak dapat memenuhi fungsi yang diperlukan. Wanita hamil juga tidak disarankan senam kegel karena dapat memicu kontraksi dini bahkan berpotensi meningkatkan risiko keguguran.

(hst/hst)