Pakar Ungkap Pentingnya Pasangan Tetap Bermesraan Setelah Bercinta

Hestianingsih - wolipop Selasa, 16 Mar 2021 21:00 WIB
Beautiful loving couple kissing in bed. beautiful young couple lying together on the bed. Romantic young couple in love lying on bed. Beautiful couple smiling in bed. Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer
Jakarta -

Keintiman seks tidak berakhir setelah bercinta. Pasca bercinta, pasangan pun masih bisa menikmati seks dengan cara yang berbeda.

Sayangnya, tidak banyak pasangan suami istri paham akan hal itu. Sering kali yang terjadi, baik suami maupun istri langsung sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, entah itu mengecek ponsel atau bergegas ke kamar mandi untuk bersih-bersih.

Padahal perlakuan Anda kepada pasangan, dan sebaliknya, tak kalah penting dalam meningkatkan kepuasan seks. Bagaimana meningkatkan keintiman setelah bercinta?

"Saya menyarankan untuk bergandengan tangan dan berbagi tentang apa yang dirasa jadi momen terbaik saat bercinta," ujar pakar seks dan percintaan Shelby Sells, seperti dikutip dari Health.

Dia juga menyarankan pasangan suami istri untuk menyempatkan mandi bersama setelah bercinta untuk lebih mempererat ikatan emosional. "Mandi bersama atau memasak bareng setelah bercinta adalah beberapa cara untuk lebih terkoneksi dengan pasangan," tuturnya.

Senada dengan Shelby, seksolog Gigi Engle juga meyakini pasangan yang mempraktikkan keintiman setelah bercinta akan membentuk ikatan emosional yang lebih erat dan intim. Banyak bahasa cinta yang bisa ditunjukkan lewat gerakan tubuh untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan setelah 'sesi panas' di tempat tidur.

"Baik itu berpelukan, mengobrol atau meringkuk bersama, memberi perhatian kepada pasangan begitupun sebaliknya sangatlah penting," jelasnya.

Kenapa? Gigi pun menjelaskan alasannya:

"Setelah bercinta, kita akan merasa rapuh. Tubuh tanpa busana, dan (mungkin saja) baru merasakan orgasme, dan tubuh kita tenggelam dalam hormon oksitosin dan dopamin yang memberi ketenangan, relaksasi," terang Gigi.

Untuk itu sesi setelah bercinta pun sangat penting seperti momen seks itu sendiri.

"Perasaan sesudah mengalami kesenangan dari sesi bercinta adalah momen yang unik, dan menikmatinya sebagai pasangan tentu akan menjadikan pengalaman seks lebih menyenangkan secara menyeluruh," pungkasnya.

(hst/hst)