Ini Frekuensi Ideal Pasangan Normal Bercinta, Berdasarkan Usia

Hestianingsih - wolipop Selasa, 02 Mar 2021 05:48 WIB
Beautiful loving couple kissing in bed. beautiful young couple lying together on the bed. Romantic young couple in love lying on bed. Beautiful couple smiling in bed. Ilustrasi pasangan. Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer
Jakarta -

Seberapa sering idealnya pasangan suami istri (pasutri) bercinta untuk mendapatkan seks berkualitas? Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kehidupan seks. Salah satunya frekuensi bercinta.

Masalahnya tidak semua pasangan mengalami kondisi yang sama. Dari segi kesehatan, usia, gairah seksual, gaya hidup, dan sebagainya.

Namun studi terkini dari Kinsey Institute menemukan frekuensi ideal pasangan seharusnya bercinta. Dalam penelitian bertajuk Seks, Reproduksi dan Gender, usia menjadi variabel yang bisa memprediksi seberapa sering seharusnya pasutri bercinta.

Lantas bagaimana frekuensi bercinta bagi pasangan 'normal' menurut penelitian?

Studi menunjukkan bahwa pasangan di usia antara 18 - 29 tahun paling aktif berhubungan seks dengan rata-rata 112 sesi per tahun. Maka jika usia Anda berada di rentang itu frekuensi ideal bercinta adalah dua kali seminggu.

Pasangan di usia 30 sampai 39 tahun dilaporkan berhubungan seks 86 kali setahun. Jika dirata-rata, idelnya mereka bisa bercinta 1,6 kali seminggu.

Semakin bertambahnya usia, frekuensi ideal bercinta makin berkurang. Untuk pasutri di rentang usia 40 dan 49 tahun, rata-rata hanya bercinta 69 kali setahun.

Perlu digarisbawahi bahwa faktor kesehatan sangat berpengaruh terhadap gairah seks pasangan yang sudah mendekati usia paruh baya. Stres, kekhawatiran dan gangguan kesehatan merupakan beberapa faktor yang menimbulkan efek pada libido.

"Garis besar yang terlihat dari penelitian ini, seiring bertambahnya usia, kemungkinan mengalami kondisi kesehatan kronis meningkat dan pada akhirnya berpengaruh terhadap frekuensi bercinta dan kualitas aktivitas seksual," jelas penulis penelitian Dr. Justin Lehmiller, seperti dilansir Cornwall Live.

(hst/hst)