7 Jenis Orientasi Seksual yang Ada di Dunia, Tak Cuma Straight dan Gay

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 06 Jun 2020 21:30 WIB
Young couple lying in bed, woman in foreground, portrait Ilustrasi. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Orientasi seksual adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada ketertarikan secara emosional dan romantis terhadap individu tertentu. Seperti dikutip dari WebMD, orientasi seksual melibatkan perasaan dan penentuan identitas, bisa dengan gender yang berbeda ataupun sama.

Selama ini yang banyak orang tahu, jenis orientasi seksual hanya tiga, yakni heteroseksual (lawan jenis), gay/lesbian (sesama jenis) dan biseksual (bisa lawan atau sesama jenis). Namun ternyata jenis orientasi seksual bisa lebih beragam.

Ada banyak jenis orientasi seksual yang tak hanya terbatas pada ketertarikan antar gender. Ini jenis-jenis orientasi seksual yang ada di dunia.

1. Heteroseksual

Jenis orientasi seksual di mana seseorang hanya tertarik pada lawan jenis, antara pria dan wanita, maupun sebaliknya. Bisa dibilang heteroseksual merupakan orientasi seksual yang paling umum. Biasa juga disebut sebagai straight.

2. Gay/Lesbian

Orientasi seksual ini merupakan ketertarikan emosional dan romantis terhadap sesama jenis. Gay biasanya digunakan untuk pria yang menyukai sesama pria, sementara lesbian mengacu pada wanita yang menyukai wanita. Lesbian juga kerap disebut sebagai gay women atau wanita gay.

3. Biseksual

Seperti dikutip dari Refinery29, biseksual atau kerap disingkat dengan bi, adalah orientasi seksual di mana seseorang bisa memiliki ketertarikan terhadap gender yang sama maupun berbeda. Mereka bisa berhubungan secara romantis dengan pria dan wanita.

4. Panseksual

Panseksual adalah kemampuan mencintai seseorang tanpa memandang gender. Berbeda dengan biseksual yang masih melibatkan gender (pria dan wanita), panseksual tertarik pada individu, jiwa, dan kepribadian. Dengan kata lain, manusia secara umum, bukan berdasarkan gender.

5. Aseksual

Istilah ini digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang tidak memiliki ketertarikan seksual pada siapa pun atau apa pun. Baik itu pria, wanita maupun benda.

6. Skolioseksual

Istilah ini digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki ketertarikan seksual dan romantisme pada transgender, queer, androgini atau orang-orang yang tidak melabeli gender mereka pria atau wanita.

7. Autoseksual

Dilansir Times of India, autoseksual adalah kepuasan seksual yang didapat dari stimulus sendiri. Jenis orientasi seksual ini dimiliki orang-orang yang bisa tertarik secara seksual dengan melihat pantulan dirinya sendiri di cermin dan sering berfantasi tentang penampilan mereka dan tubuhnya sendiri saat tak berbusana.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/agm)