Buat Para Istri, Ketahui 5 Sebab Suami Suka Langsung Tidur Setelah Bercinta

Hestianingsih - wolipop Selasa, 14 Jan 2020 21:05 WIB
Ilustrasi pasangan. Foto: Dok. iStock Ilustrasi pasangan. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Perilaku suami yang sering langsung tidur setelah bercinta bisa membuat istri baper. Wanita terkadang merasa kecewa karena diacuhkan setelah pria mendapatkan kepuasaannya. Sementara wanita biasanya ingin bermesraan dulu dan disayang oleh pasangannya.

Mengapa pria cenderung mengantuk setelah berhubungan seksual? Riset mengungkapkan hal itu ternyata bukan karena ketertarikannya terhadap pasangan berkurang atau hilang tapi lebih karena alasan biologis.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pria biasanya akan mengalami kelelahan dan perlu segera tidur setelah bercinta. Hal itu ternyata disebabkan oleh pelepasan hormon dan senyawa kimiawi sehingga menimbulkan rasa kantuk dan lelah. Ini dia penjelasan ilmiah tentang apa yang sebenarnya terjadi di tubuh pria setelah bercinta, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Prolactin
Kepuasan seksual setelah bercinta akan memicu tubuh memproduksi hormon prolactin yang menimbulkan rasa kantuk. Jika Anda ingin bermesraan dengan pasangan lebih lama, ada cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan hormon dopamine. Hormon ini merupakan peningkat mood positif yang mengurangi produksi prolactin di dalam tubuh. Dopamine bisa ditingkatkan dengan banyak mengonsumsi ikan yang mengandung selenium, zinc dan magnesium.



2. Oksitosin
Disebut juga sebagai hormon cinta, oksitosin dilepaskan setelah penetrasi seks dan membantu tubuh agar lebih relaks. Hal ini membuat pria mengantuk pasca mendapatkan kepuasan seks.

Buat Para Istri, Ketahui 5 Sebab Suami Suka Langsung Tidur Setelah BercintaFoto: Dok. iStock


3. Vasopressin
Hormon ini mengencangkan pembuluh darah dan berperan penting dalam proses homeostatis (keseimbangan organ internal) di dalam tubuh. Hormon ini dilepaskan di dalam otak dan cenderung membuat tubuh lebih relaks.



4. Serotonin, Norepinephrine dan Nitric Oxide
Tiga neurotransmitter ini berfungsi menenangkan dan menyamankan tubuh sehingga memicu untuk segera tertidur pulas. Nitric oxide, merupakan neurotransmitter yang diproduksi oleh penis setelah bercinta.

5. Aktivitas Fisik
Bercinta merupakan bentuk aktivitas fisik selain fitnes atau olahraga. Saat berhubungan seks, biasanya pria yang lebih aktif bergerak ketimbang wanita sehingga setelah penetrasi seks dan orgasme pria cenderung lebih lelah. Itulah sebabnya dia yang lebih cepat ingin tidur.



Simak Video "Kisah Haru Sang Suami Kenang Istri Jadi viral"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)