Masyaallah! Menggauli Istri Ternyata Berpahala, Ini Adab Bercinta dalam Islam

Rosmha Widiyani - wolipop Minggu, 05 Jan 2020 22:02 WIB
Foto: iStock/Masyaallah! Menggauli Istri Ternyata Berpahala, Ini Adab Bercinta dalam Islam Foto: iStock/Masyaallah! Menggauli Istri Ternyata Berpahala, Ini Adab Bercinta dalam Islam
Jakarta - Setiap perbuatan baik yang dilakukan seorang muslim bisa menjadi sumber pahala, termasuk bercinta dengan istri. Untuk para suami, menggauli istri adalah sedekah atau shodaqoh seperti dalam hadist.

Hadist yang diriwayatkan Muslim ini, dikutip dari buku Ihya'Ulumiddin dari Imam Al-Ghazali.

عَنْ أَبِى ذَرٍّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالُوا لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- يَا رَسُولَ اللَّهِ ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالأُجُورِ يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّى وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ. قَالَ « أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍصَدَقَةٌوَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ

Artinya: Dari Abu Dzar RA, ia berkata, "Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah SAW berkata kepada Nabi Muhammad SAW, "Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershodaqoh dengan kelebihan harta mereka". Nabi Muhammad SAW bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershodaqoh? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shodaqoh, tiap-tiap tahmid adalah shodaqoh, tiap-tiap tahlil adalah shodaqoh, menyuruh kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shodaqoh." (HR Muslim).


Dalam hadist tersebut, Nabi Muhammad SAW juga mengingatkan pentingnya memilih tempat halal. Bercinta dengan pasangan yang sah tidak mendapat pahala, jika dilakukan di tempat yang masih diragukan kehalalannya.

قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ « أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَعَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ

Artinya: Para sahabat lantas ada yang bertanya pada Rasulullah SAW, 'Wahai Rasulullah, apakah dengan kami mendatangi istri kami dengan syahwat itu mendapatkan pahala?' Beliau menjawab, 'Bukankah jika kalian bersetubuh pada yang haram, kalian mendapatkan dosa. Oleh karenanya jika kalian bersetubuh pada yang halal, tentu kalian akan mendapatkan pahala.' (HR Muslim).


Bercinta dengan pasangan, apalagi rutin, terbukti baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Selain memenuhi kebutuhan seksual, bercinta juga bisa menurunkan stres dan menjaga pengendalian emosi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3