Penyebab Miss V Kering dan 4 Cara Mengatasinya Agar Tak Sakit Saat Bercinta

Hestianingsih - wolipop Rabu, 18 Sep 2019 21:47 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Miss V yang terasa kering akan menimbulkan rasa tak nyaman saat bercinta. Menurut konsultan kesehatan seksual Celeste Holbrock, Ph.D., penyebab Miss V kering atau kurangnya cairan lubrikasi ini bisa dipengaruhi bermacam faktor. Misalnya stres, usia atau pengobatan tertentu. Bahkan kondisi udara di dalam ruangan juga bisa berpengaruh terhadap produksi cairan Miss V.

Ketika merasa Miss V tak terlubrikasi dengan baik, Anda bisa mengatasinya dengan penggunaan lubrikan sintetis. Celeste menyarankan untuk memakai produk pelumas yang bisa memberikan kelembapan dan cairan ekstra pada Miss V.

"Pakai lubrikan favorit Anda dan coba untuk tidak stres. Jangan hanya mengandalkan cairan alami dari Miss V sebagai cara untuk memastikan kalau Anda terangsang," saran Celeste seperti dikutip dari Your Tango.



Saat memakai pelumas, pilih yang bertekstur gel karena lebih mudah dibersihkan dan cenderung aman bagi organ intim. Pelumas berbasis air atau gel umumnya terbuat dari bahan utama air.

Penelitian dari Indiana University menunjukkan, hampir setengah wanita yang menggunakan pelumas sintetis untuk mengatasi Miss V kering, merasa lebih mudah mencapai orgasme ketika bercinta.

Namun jika kurangnya lubrikasi menjadi masalah utama bagi Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Miss V bisa terlubrikasi secara alami. Selama penyebabnya bukan karena penyakit serius, ini empat tips yang disarankan terapis seks Sabitha Pillai-Friedman, Ph.D., seperti dikutip dari Shape USA.

1. Relaksasi
Untuk Miss V kering karena stres, coba tenangkan pikiran terlebih dahulu sebelum bercinta. Anda bisa menonton film favorit atau pergi ke spa favorit agar tubuh lebih relaks.

2. Seks Oral
Seks oral menjadi salah satu solusi ketika wanita merasa vaginanya belum benar-benar terlubrikasi atau masih kering. Pasangan sebaiknya memberikan oral seks dengan menstimulasi area klitoris dengan mulutnya. Hanya dengan stimulasi klitoris ini, cairan lubrikasi bisa dengan mudahnya diproduksi tubuh. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine, 81% wanita bisa mencapai orgasme melalui stimulasi klitoris.

3. Makan Sehat
Pola makan juga bisa mempengaruhi produksi cairan lubrikasi. Menurut pakar seks Dr. Joni Frater dan Esther Lastique yang merupakan pendiri situs LoveHerRight, apa yang wanita makan bisa menentukan apakah tubuh mampu memproduksi cairan lubrikasi dalam jumlah cukup banyak atau tidak saat bercinta. Ketika Anda banyak makan makanan tinggi kolesterol, area vagina berpotensi kering saat bercinta. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung zinc seperti bayam dan kacang-kacangan sehingga membantu tubuh memproduksi cairan lubrikasi alami.

4. Lebih Sering Bercinta
Tahukah Anda kalau frekeunsi bercinta juga menentukan produksi cairan lubrikasi? Dr. Joni Frater mengatakan rutin bercinta bisa membuat tubuh juga teratur memproduksi cairan lubrikasi. Sementara ketika seks jarang dilakukan, area Miss V cenderung kering meskipun sudah distimulasi.




Simak Video "Benda Harian Disulap Jadi Gaun Ciamik, Seperti Apa Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)