Riset: Seks Semakin Berkualitas di Usia Senja

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 29 Des 2016 19:04 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Usia boleh saja semakin senja tapi bukan berarti kehidupan seksual Anda ikut meloyo. Justru sebaliknya, kehidupan seksual Anda dan pasangan malah semakin berkualitas seiring bertambahnya usia.

Setidaknya demikian hasil riset para peneliti University of Minnesota belum lama ini. Dalam riset tersebut, para peneliti mengkaji kembali penelitian yang dilakukan pada 1995, 2003,2013, terhadap 6.000 responden, usia 20-93 tahun.

Para responden harus menjawab berbagai pertanyaan seputar kehidupan seksual mereka. Responden juga diminta untuk mengukur tingkat kepuasan seksual beberapa hari terakhir.

Riset: Seks Semakin Berkualitas di Usia SenjaFoto: thinkstock

Dari penelitian itu terungkap bahwa, frekuensi seks bukan sesuatu yang penting lagi dengan semakin menuanya umur. Sementara itu, upaya yang dikerahkan serta totalitas dalam berhubungan intim menjadi takaran penting bagi kelompok lanjut usia.

"Saat kami membandingkan kunci karakteristik kehidupan seks kaum muda dengan usia lanjut, beserta karakter sosiodemografis, serta kesehatan mental dan fisiknya, terbukti kaum lanjut usia lebih memiliki kehidupan seksual yang berkualitas," kata Mini Forbes, pemimpin riset tersebut, seperti dikutip New Zealand Herald.

Pengalaman hidup yang membuat seseorang semakin bijak dalam mengambil keputusan termasuk hal kepuasaan seksual, kata Mini, memungkinkan hal tersebut terjadi. "Penelitian ini membuktikan pengalaman hidup ikut membentuk kearifan kita dalam kehidupan seksual," kata Mini.

Ia juga menambahkan masalah disfungsi seksual yang dialami dua per tiga pria 65 tahun ke atas bukan penghalang yang berarti. Terlepas dari masalah itu, mereka tetap merasakan seks yang berkualitas.

Tentu saja ini merupakan kabar yang membahagiakan bagi mereka yang masuk dalam kelompok lanjut usia. Di saat keharmonisan rumah tangga tetap terjaga, seks juga terbukti memberi dampak positif bagi kesehatan, terutama untuk jantung dan mental. (dtg/dtg)