Riset: Sering Berhubungan Seks Membuat Daya Ingat Wanita Lebih Baik

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 12 Des 2016 18:39 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Seberapa sering Anda dan suami berhubungan seksual? Lebih dari memuaskan gairah, seks rupanya dapat meningkatkan daya ingat Anda.

Ya, semakin tinggi frekuensi hubungan seksual, besar kemungkinan memori Anda semakin baik. Demikian hasil penelitian McGill University yang dipublikasikan oleh Archives of Sexual Behavior pada November 2016.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan relasi antara aktivitas seksual dan daya ingat wanita, terutama yang berhubungan dengan kata-kata.

Survei melibatkan 78 wanita sebagai responden, berusia 18-29 tahun. Mereka diminta mengisi kuesioner tentang perilaku seksual dan beberapa hal terkait kehidupan mereka. Setelah itu, para responden diminta untuk mengingat sejumlah kata dan foto bergambar wajah yang ditampilkan di layar komputer.

Para peneliti lalu mencoba mengecoh daya ingat mereka dengan memberikan kata dan foto yang baru sebelum meminta mereka mengidentifikasi ulang kata dan foto pertama. Dari situ terungkap, wanita yang sering melakukan hubungan intim mampu mengingat kata-kata itu dengan baik dibandingkan mereka yang jarang.

Tapi hal tersebut tidak berlaku dalam hal mengingat gambar. Menurut para peneliti, hubungan seks memicu produksi sel baru di otak atau neurogenesis, tepatnya di area yang erat kaitannya dengan penghafalan kata.

Perlu diketahui, penelitian ini hanya berfokus pada daya ingat janga pendek. Namun Jens Pruessner, PhD, salah seorang peneliti riset tersebut, meyakini bahwa efeknya juga dapat berdampak jangka panjang.

"Seharusnya sama saja," kata Jens seperti dikutip dari Cosmopolitan.

Tidak hanya itu, menurut Jens, seks juga dapat meningkatkan fungsi kognitif terutama di area hippocampus, seperti misalnya dalam hal mengingat lokasi saat mencari arah. (dng/hst)