ADVERTISEMENT

Tips Bercinta di Saat Istri Sudah Hamil Tua

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 15 Nov 2016 19:30 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Usia kehamilan yang semakin bertambah dan perut yang membesar terkadang membuat wanita enggan untuk bercinta. Padahal seks bisa jadi salah satu cara untuk mempermudah proses persalinan. Bagaimana agar bisa tetap nyaman bercinta saat hamil tua?

Sesi bercinta bisa jadi bermanfaat untuk proses persalinan ketika dilakukan mendekati HPL atau Hari Perkiraan Lahir. Hal itu karena cairan sperma mengandung suatu zat yang bernama prostaglandin. Prostaglandin ini menimbulkan reaksi pada rahim berupa suatu kontraksi. Menjelang hari taksiran melahirkan, maka hubungan seksual dapat bermanfaat untuk mempermudah terjadinya proses persalinan dengan adanya kontraksi rahim alami.

Bagaimana agar aktivitas seks ini tetap nyaman dilakukan saat perut sudah dalam kondisi cukup besar? Salah satunya dengan memilih posisi seks yang tepat. Pastikan juga Anda dan suami sama-sama merasa nyaman untuk bercinta di usia kehamilan yang sudah memasuki 30-an minggu ini.

Tips Bercinta di Saat Istri Sudah Hamil TuaFoto: Thinkstock

"Kalau kalian nyaman dengan posisi tertentu saat bercinta, bayi juga akan merasa nyaman," demikian penjelasan dari Iffath Hoskins, MD, direktur eksekutif di Institute for Women's Health at Memorial Health University Medical Center, Womans Day.

Ada dua posisi seks yang direkomendasikan dilakukan saat kehamilan sudah masuk trimester ketiga. Pertama adalah cowgirl atau woman on top. Posisi ini selain nyaman untuk wanita, juga aman dilakukan. Dengan posisi tersebut wanita dapat mengatur kedalaman penetrasi penis pasangan. Wanita juga tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan bentuk perut yang sudah semakin besar. Percayalah, jika Anda merasa percaya diri, suami pun akan melihat Anda tetap cantik dalam kondisi apapun.

Posisi bercinta kedua yang nyaman dicoba saat sudah hamil tua adalah doggy style. Jika perut adalah bagian tubuh ingin 'disembunyikan', doggy style jadi posisi bercinta terbaik karena suami tidak akan mendapatkan pemandangan itu. Doggy style juga jadi cara yang tepat untuk menstimulasi g-spot wanita. (eny/dng)