ADVERTISEMENT

5 Cara Mudah Jaga Kebersihan Area Genital untuk Seks yang Sehat

- wolipop Senin, 21 Jul 2014 19:25 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta -

Menjaga kebersihan area genital sangat penting untuk menjaga kesehatan seksual Anda maupun pasangan. Area intim yang kurang bersih bisa memicu terjadinya infeksi dan berkembang menjadi penyakit serius, meskipun Anda dan pasangan sama-sama menjalani seks sehat dan setia. Cara menjaga kebersihan genital tidaklah rumit, asalkan dilakukan secara rutin terutama setelah bercinta. Ini dia beberapa caranya.

1. Basuh dengan Air Bersih
Untuk wanita, basuh Miss V dengan air bersih. Sebaiknya jangan terlalu sering membersihkan Miss V dengan sabun atau cairan pembersih kewanitaan karena bisa memengaruhi tingkat pH dan justru membuat iritasi serta kering. Basuh area kewanitaan Anda mulai dari vagina mengarah ke anus, untuk mencegah penyebaran kuman dari anus ke Miss V. Cara ini juga menghindari terjadinya infeksi jamur pada vagina. Setelah itu keringkan menggunakan handuk atau kain bersih.

2. Gunakan Air Hangat
Bagi pria, tarik kulup penis ke belakang dan basuh testikel menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk membasuh juga kulit bagian dalam di bawah testikel karena bakteri, sel kulit mati dan kelenjar kerap bersarang di situ. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih yang teksturnya halus.

3. Cuci Tangan dan Kuku
Pasangan pria maupun wanita harus selalu mencuci tangan serta kuku mereka, sebelum dan setelah bercinta. Cara ini berguna untuk mencegah perpindahan kuman maupun bakteri ke area genital. Ingat, tangan Anda merupakan sumber penyebar bakteri karena terlalu banyak terpapar benda-benda yang belum terjamin higienitasnya.

4. Gunting Rambut Kemaluan
Penting juga merapikan rambut-rambut halus di sekitar area intim Anda. Tak perlu dicukur habis, cukup dirapikan agar tidak terlalu lebat dan menjadi sarang bakteri. Merapikan rambut penis atau vagina semakin penting ketika Anda berada di daerah dengan cuaca yang panas, lembab dan membuat banyak berkeringat karena risiko terpapar bakteri lebih tinggi.

5. Waspada Saat Seks Oral
Hindari seks oral ketika mulut Anda atau pasangan sedang luka, sariawan atau ada gusi yang bengkak. Bakteri dari mulut bisa menular ke area genital. Begitupun sebaliknya, Miss V dan Mr Happy yang sedang luka atau iritasi juga bisa ikut melukai mulut.

(hst/als)
Eureka
×
Bumi di Akhir Zaman
Bumi di Akhir Zaman Selengkapnya