ADVERTISEMENT

Seks Makin Mantap Pasca Melahirkan

- wolipop Selasa, 28 Sep 2010 19:30 WIB
Jakarta - Beberapa wanita mengalami penurunan kenikmatan bercinta ketika melakukan hubungan seksual pasca melahirkan. Berikut ini cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Dinding vagina merupakan lapisan yang sangat elastis, terdiri dari lipatan-lipatan yang dapat merenggang sehingga memungkinkan untuk menjadi jalan lahir bayi. Hebatnya lagi, setelah mengalami renggangan sebesar kepala bayi (bagian terbesar dari bayi) ukuran vagina dapat kembali mendekati ukuran sebelumnya.

Sayangnya dalam beberapa kasus banyak wanita yang ukuran vagina tidak kembali sempurna setelah melahirkan. Menurut dr. Vanda Mustika, konsultasi seks wolipop, hal inilah yang dapat menjadi faktor berkurangnya kenikmatan bercinta.

Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya lakukan senam kegel untuk otot-otot dasar panggul. Dengan memperkuat otot dasar panggul diharapkan otot-otot yang menjaga posisi vagina menjadi lebih kencang.

Cara melakukan senam ini adalah dengan cara mengkontraksikan otot-otot dasar panggul seperti saat menahan buang air kecil. Kontraksi ini ditahan selama tiga hitungan, dapat diulang lima hingga sepuluh kali dan dilakukan beberapa kali sehari.

Perhatikan jangan sampai lebih lama dari tiga hitungan dan sebisa mungkin tidak ada pergerakan dari bokong. Jika terjadi lebih lama dari tiga hitungan dan terdapat gerakan bokong maka otot yang dikontraksikan bukanlah otot dasar panggul.

Faktor lain yang mungkin mengurangi kenikmatan adalah penampilan Anda. Dengan adanya anak maka kesibukan wanita pasti akan bertambah. Hal inilah yang terkadang membuat wanita lupa memperhatikan dan menjaga penampilannya.

Selain itu, pastikan saat Anda akan melakukan hubungan seksual dengan suami tidak akan terganggu oleh tangisan bayi. Tangisan si kecil hanya akan membuat Anda tidak rileks dan tidak bisa menikmati hubungan seksual tersebut. Usahakan lakukan hubungan seksual beberapa saat setelah si kecil tertidur pulas.

(kee/kee)