Asal Usul 11 November Diperingati Sebagai Hari Jomblo Sekaligus Harbolnas

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 11 Nov 2021 11:17 WIB
Smiling young entrepreneur Asian business woman working with internet using computer sit at apartment, Happy girl writing on notebook look at laptop screen listen and learning online courses Foto: Getty Images/iStockphoto/POMPIXs
Jakarta -

Hari ini bertepatan dengan Singles Day atau Hari Jomblo sekaligus Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). 11 November menjadi hari yang ditunggu-tunggu para pecinta belanja dan pelaku usaha karena banyak diskon dan promo menarik lain ditawarkan. Kamu yang bingung 11 November memperingati hari apa, berikut penjelasannya.

Asal usul 11 November diperingati sebagai hari jomblo berawal dari China. Di sana, tanggal cantik ini bahkan dijadikan hari spesial untuk memberi kesempatan para lajang menikmati momen mereka. Bisa dibilang Hari Jomblo adalah lawan dari Hari Valentine.

Dilansir Nasional Today, singles day pertama kali muncul di Nanjing pada 1993 setelah dicetuskan para mahasiswa. Mereka lah yang mempopulerkan istilah Single Day sebagai Hari Jomblo. Di China, Singles Day sendiri disebut Guanggun Jie, Guānggùn Jié atau Kuang-kun chieh, yang bisa diartikan liburan untuk para kaum jomblo.

Daripada bersedih dan meratapi nasib, mahasiswa yang tidak punya pacar diberikan kesempatan untuk merayakan status lajang mereka dengan memanjakan diri, termasuk berbelanja dan makan enak. Dari Nanjing, tradisi ini pun menyebar ke daerah lain hingga akhirnya mendunia.

Sumber lain menyebutkan jika Single Day dimulai di Amerika pada 1990. Para mahasiswa dikatakan memperingati sebagai momen untuk merayakan kebebasan diri. Tanggal 11 November sendiri dipilih karena angka 1 melambangkan kesepian.

Pada 2009, momen tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Alibaba untuk meningkatkan penjualan online yakni dengan memberikan promo. Sejak itu, tanggal cantik 11.11 dijadikan festival belanja karena berkembang menjadi semakin populer dan terbukti mendongkrak bahkan memecahkan rekor.

Di Indonesia, Singles Day kemudian menjadi Harbolnas 11 November di mana berbagai e-commerce dan brand memberikan berbagai promo, seperti diskon, gratis ongkir atau ongkos kirim, voucher hingga cicilan 0%.

(ami/ami)