Si Raja Lipstik, Pria Ini Sukses Jual Online Rp 26 M dalam Sehari

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 25 Okt 2021 11:34 WIB
Li Jiaqi Foto: Weibo/Sina
Jakarta -

Li Jiaqi dikenal sebagai salah satu influencer kecantikan paling berpengaruh di China. Pria tersebut sering membagi ulasan kecantikan dan mempromosikannya secara live streaming. Dijuluki Raja Lipstik, pria tersebut bisa mengulas hingga 380 perona bibir dalam sehari. Baru-baru ia pun sukses menjual produk hingga puluhan miliaran dalam sehari.

Dalam rangkaian acara festival belanja 11.11 yang diadakan Grup Alibaba beberapa waktu lalu, Li Jiaqi digandeng sebagai livestreamer untuk mempromosikan produk. Pria itu pun lagi-lagi sukses membuat laris produk yang dipromosikannya bahkan memecahkan rekor. Meski situasi ekonomi bisa dibilang sedang sulit, ia berhasil mendorong penjualan senilai $1,9 juta atau sekitar Rp 26 miliaran.

Livestreaming memang menjadi salah satu cara populer di China untuk brand mempromosikan produknya selama pandemi. Bukan hanya untuk satu atau dua jam, terkadang para influencer live hingga 12 jam termasuk Li Jiaqi pada acara yang berlangsung Rabu lalu. Siarannya saat itu ditonton hampir 250 juta kali tak heran jika mendatangkan banyak pembeli.

Li JiaqiLi Jiaqi Foto: Weibo/Sina

Pria 29 tahun tersebut mengaku heran dengan banyaknya penonton di hari pertama festival itu. "Biasanya kami ditonton 20 juta sehari tapi kami dapat 250 juta hari ini, para wanita dari mana kalian datang?" kata pria yang juga dijuluki Bibir Baja karena sering hapus-pakai lipstik saat streaming itu.

Angka penjualan $1,9 juta memang belum final karena pasti ada beberapa orang yang membatalkan pembelian. Meski begitu, peristiwa ini dianggap memecahkan rekor mengingat situasi ekonomi yang tidak menentu. Belanja tampaknya menjadi pelampiasan banyak orang yang tidak bisa bepergian selama pandemi.

"Antusias konsumsi sangatlah merajalela. Livestreamer terkenal semakin terkonsentrasi dalam pasar," kata Jason Yu selaku managing director of research firm Kantar Worldpanel Greater China kepada Bloomberg.

Festival belanja Singles' Day yang diadakan 11 November dipelopori oleh Alibaba. Beragam promo dilakukan untuk mendongkrak penjualan, salah satu cara terbaru yang juga mulai diterapkan di Indonesia adalah livestreaming atau live shopping produk selagi mencoba dan memberikan ulasan sehingga pembeli dapat melihat lebih apa yang akan dapatkan dengan lebih jelas.

(ami/ami)