Canggih! Ini Spesifikasi Lengkap & Keunggulan dari iPhone 11

Erika Dyah Fitriani - wolipop Kamis, 01 Apr 2021 13:40 WIB
iPhone 11 Foto: istimewa
Jakarta -

Di zaman modern ini, smartphone telah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari segala aktivitas sehari-hari. Tak heran banyak perusahaan saling bersaing memunculkan perangkat smartphone berteknologi canggih untuk meraih pangsa pasar yang luas termasuk Apple.

Apple adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang selalu mengupdate produknya mengikuti perkembangan. Pada akhir tahun 2019 lalu, Apple meluncurkan produk iPhone 11.

Sudah umum diketahui, iPhone merupakan seri gadget yang populer di pasaran. Kehadiran seri terbarunya biasa dinantikan oleh para penggemar iPhone. Bukan tanpa alasan, perangkat ini diketahui memiliki performa yang kuat dan mutakhir, serta telah dilengkapi sistem yang lebih aman dibandingkan produk gadget lainnya.

Tak hanya itu, iPhone juga dibekali desain futuristik yang membuatnya diminati berbagai kalangan. Desainnya yang lebih ramping dan tipis pun tak membuat performa smartphone ini berkurang.

Untuk lebih mengenal perangkat iPhone 11 yang jadi idola di kalangan artis serta anak muda, simak daftar informasi lengkap mengenai spesifikasi dan keunggulan dari iPhone 11 berikut ini.

· Pengisian Baterai Lebih Cepat

iPhone 11 melengkapi perangkatnya dengan kemampuan pengisian baterai yang lebih cepat. Seperti diketahui, tak jarang pengguna smartphone memiliki perangkat dengan baterai yang cepat habis namnun pengisian dayanya memakan waktu yang lama.

Untuk itu, iPhone 11 menghindari hal tersebut dengan melengkapi seri ini dengan fitur yang berbeda dari seri sebelumnya yakni pengisian cepat memakai charger USB-C khusus. Fitur ini juga dilengkapi dengan adaptor lightning yang membuat pengisian daya menjadi lebih singkat.

· Dibekali Fitur Wi-Fi 6

Diketahui, hampir sebagian besar Wi-Fi iPhone selalu bergantung pada lingkungan sehingga Anda perlu memiliki router terdekat untuk mendapatkan Wifi terbaik. Oleh karena itu, iPhone 11 dilengkapi dengan fitur yang kompatibel berupa Wi-Fi 6. Dengan fitur ini, Anda bisa mentransfer berbagai macam data hanya dengan hitungan detik saja. Keren, bukan?

· Kamera Canggih dengan Teknologi Mutakhir

Sudah bukan rahasia lagi kalau iPhone diunggulkan bagi penggunanya yang menyukai aktivitas fotografi. Pada produk teranyarnya ini, iPhone 11 dilengkapi dengan fitur kamera keren dari tiga kamera dalam satu smartphone.

Diketahui, Apple mengklaim kamera yang dihadirkan iPhone 11 ini dapat mendukung hobi fotografi Anda. Dengan dukungan kamera yang berkualitas, pengguna tak perlu repot mencari tempat dengan pencahayaan yang sempurna sebab kamera Apple memiliki kualitas tinggi seperti penemuan cahaya, fokus, dan pengaturan lampu kilat.

Tak hanya itu, kamera dari iPhone 11 juga dapat membantu Anda mendapatkan hasil gambar yang sempurna meskipun tingkat pencahayaan di lokasi foto rendah

· Prosesor Andal

Dari segi performa, iPhone 11 dilengkapi dengan chipset Apple A13 Bionic. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 7nm+ yang dilengkapi prosesor hexa core atau enam core. Sedangkan untuk prosesornya terdiri dari dua core lightning 2,65 GHz dan juga empat core Thunder 1,8 GHz.

Sementara itu, Apple menyematkan GPU dengan empat inti core graphics untuk pengolah grafisnya. Seri ini juga dibekali dengan RAM 4 GB yang mampu mencapai nilai Antutu sebesar 400 ribu. Dengan nilai Antutu yang tinggi, iPhone 11 dapat menjalankan berbagai game dengan grafis yang cukup berat.

· Tingkat Kecerahan Layar yang Baik

iPhone 11 memiliki layar dengan tingkat kecerahan yang baik untuk menampilkan foto maupun video. Perangkat ini memiliki dimensi layar sebesar 6,1 inci dengan resolusi 828 x 1792 piksel yang membuatnya mampu menampilkan kualitas gambar dengan baik.

Layar iPhone 11 juga telah dilengkapi dengan pelindung anti goresan. Selain itu, smartphone ini juga dibekali teknologi tru-tone dan wide color gamut.

· Lebih Banyak Varian Warna

Seri iPhone 11 memiliki banyak varian warna pada desainnya dengan meluncurkan sepuluh varian warna terbaru seperti midnight green, hitam, perak, klasik dan sebagainya.

Finishing matte dari warna-warna desainnya membuat iPhone 11 tampak baru dan modern. Tak hanya cantik, desain dari perangkat ini juga ditunjang casing lebih kokoh. Selain itu, iPhone 11 telah ditunjang dengan kaca terberat di pasaran untuk menjaga ponsel tetap aman.

· Fungsi Face ID Apple

Seri iPhone 11 memiliki fitur Face ID dengan kemampuan yang lebih baik dari seri-seri pendahulunya. Fitur ini diketahui menjaga smartphone tetap terlindungi dan membantu pengguna karena hanya dengan menatap ponsel, pengguna dapat membuat layar secara otomatis.

Adanya fungsi Face ID Apple di iPhone 11 ini juga membuat Anda bisa membuka smartphone dari sudut yang lebih banyak meskipun tingkat pencahayaan rendah atau dari jarak yang jauh.

· Akses Lebih Banyak Game Gratis

iPhone 11 juga memanjakan Anda pecinta game untuk dapat mengakses lebih banyak game gratis di perangkat ini. Dengan iPhone 11, Anda bisa men-download lebih banyak game melalui fitur Arcade dari App Store.

iPhone 11 juga memiliki pembaruan yang membuat para penggemar game dapat bermain secara efisien.

Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 12

Inovasi kecanggihan smartphone dari Apple tak berhenti di iPhone 11 saja karena Apple juga meluncurkan iPhone 12 di tahun 2020 yang merupakan pembaharuan dari iPhone 11. Diketahui, seri iPhone 12 ini terdiri dari empat jenis perangkat yaitu iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Ingin tahu perbedaan di antaranya? Ini dia perbandingan spesifikasi iPhone 11 dan iPhone 12.

· Display

iPhone 11 dan iPhone 12 memiliki perbedaan mencolok dari segi tampilan layar. iPhone 11 dibekali dengan panel LCD Liquid Retina beresolusi 1792 by 828 piksel. Seri ini dapat menghasilkan sekitar 326 piksel per inci, jumlah ini lebih rendah dari resolusi 458 piksel per inci yang dimiliki oleh iPhone 12.

Adapun iPhone 12 memiliki resolusi lebih tinggi yakni 2532 by 1170 piksel. Tak hanya itu, iPhone 12 juga lebih unggul dengan adanya penggunaan teknologi layar OLED. Dengan teknologi ini, pengguna akan mendapatkan warna lebih tajam dan warna hitam lebih pekat. Tampilan layarnya pun terlihat begitu nyata sehingga dapat memanjakan dan menambah kenyamanan pengguna.

Selain itu, iPhone 12 juga didukung oleh rentang dinamis lebih luas, rasio lebih tinggi, dan teknologi HRD. Layar perangkat ini juga dilindungi ceramic shield technology yang menawarkan kinerja perlindungan empat kali lebih baik.

· Desain

Secara fisik, kedua perangkat ini memiliki ukuran layar yang sama yaitu 6,1 inci. Meski demikian, Iphone 12 memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, tipis, dan ringan karena telah menggunakan teknologi desain baru dengan bezel yang lebih kecil.

Kedua seri iPhone ini juga sama-sama menampilkan tepi aluminium matte dan lapisan yang lebih mengkilap di bagian belakang.

Dari segi dimensi, iPhone 11 memiliki tinggi 5,94 inci dengan lebar 2,98 inci dan tebal 0,33 inci serta berat 194 gram. Sedangkan dimensi iPhone 12 memiliki tinggi 5,78 inci, lebar 2,82 inci dan tebal 0,29 inci serta berat 164 gram. Selain itu, iPhone 11 juga memiliki bodi lebih bulat dengan tepi melengkung sementara iPhone 12 memiliki desain lebih datar yang mirip dengan iPad Pro.

· Performa

Performa iPhone 11 didukung oleh prosesor Apple A13 Bionic serta neural engine generasi ketiga. Prosesor A13 Bionic memastikan bahwa iPhone 11 dapat menerima pembaruan perangkat lunak setiap tahunnya.

Sementara itu, seri terbaru iPhone 12 menghadirkan prosesor A14 Bionic yang dikenal sebagai chip dengan kinerja super cepat. Prosesor A14 Bionic ini dilengkapi dengan dua fitur yakni two high-performance cores dan juga four efficiency cores. iPhone 12 juga dilengkapi neural engine terbaru untuk meningkatkan fitur dan kemampuan pembelajaran mesin.

Sementara itu, kedua seri perangkat ini diklaim memiliki spesifikasi daya tahan baterai yang sama persis. Baik iPhone 11 maupun iPhone 12 juga didukung dengan fitur pengisian cepat. Meski demikian, iPhone 12 telah mendukung pengisian nirkabel 15W saat menggunakan pengisian Daya MagSafe Apple.

Sebagai informasi, iPhone 11 juga dapat mengisi daya melalui daya MagSafe. Sayangnya seri pendahulu ini tidak dilengkapi sistem magnetis untuk mengakomodasi kecepatan 15W sehingga hanya dibatasi hingga 7,5W saja.

Itu dia ulasan lengkap mengenai spesifikasi serta keunggulan dari iPhone 11 serta perbandingan iPhone 11 dengan seri terbaru iPhone 12 keluaran Apple. Segera dapatkan iPhone 11 dan rasakan sendiri kecanggihan serta keunggulannya.

(ads/ads)