Brand Lokal Ketahuan Jiplak Desainer Luar Negeri, Videonya Jadi Viral

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 27 Nov 2020 16:00 WIB
Anthony Champman Foto: Instagram @antiwurld
Jakarta -

Sebuah brand busana lokal Indonesia disebut-sebut oleh seorang desainer luar negeri bernama Anthony Champman. Sayangnya bukan berupa pujian tapi sebuah peringatan karena dituduh menjiplak desainnya. Peringatan tersebut diungkapnya dalam sebuah video TikTok yang jadi viral. Dalam kolom komentar, banyak netizen Indonesia yang mengaku ikut malu dengan kejadian itu.

Desainer asal Amerika Serikat baru-baru ini menyeret brand lokal Lolica dalam sebuah video TikTok-nya. Merek fashion lokal itu dituduh mengopi desainnya dan membuat gambar tersebut seolah milik mereka. Membuat video reaksi sambil menduetkan video asli, Anthony pun menulis 'can yall stop lmaoo' di keterangan video.

@anthonychapman

##duet with @lolica.id can yall stop lmaoo

♬ Money Trees - Kendrick Lamar

Disebut jika Anthony pertama kali menemukan kesamaan tersebut ketika sedang scrolling TikTok. Ia mendapati gambar yang dipasang di salah satu t-shirt brand itu sama dengan produknya sendiri.

[Gambas:Instagram]

Dalam video yang sudah disukai lebih dari 40 ribu kali sampai berita dibuat, Anthony Chapman juga meminta agar para pengikut dan siapa pun yang melihat itu untuk meramaikan videonya sehingga orang tidak lagi membeli. "Me scrolling on TikTok to see this 'brand' copying my design and putting it out as theirs. Anyways boost this so people dont buy this copy," tulisnya.

Tak banyak bicara mengenai desain-desainnya, Anthony hanya perlu menyandingkan video yang dilihatnya di TikTok dengan foto-foto produknya sendiri. Dari beberapa kaus yang ditunjukkan brand Lolica memang ada satu yang motifnya mirip dengan milik Anthony. Motif berupa gambar kupu-kupu hitam dengan tulisan di tengahnya itu tampak identik dengan milik Anthony. Keduanya semakin persis karena sama-sama dipasang pada kaus putih.

Tak lama setelah jadi viral, video yang dibuat dan diduetkan oleh Anthony Chapman tidak lagi tersedia. Mengenai masalah ini, brand lokal itu pun sepertinya belum memberi pernyataan selagi akun Instagram-nya juga dibuat 'private'.

Anthony Chapman sendiri adalah desainer di balik brand Anti-wurld. Selain brand lokal Indonesia, pria tersebut pun pernah 'melabrak' situs belanja Shein yang juga dituduh menjiplak desain yang sama. Dalam sebuah video, Anthony mengatakan jika Shein mengganti tulisan Antiwurld dengan Savage dengan harapan tidak akan ada yang menyadarinya.

[Gambas:Instagram]




(ami/ami)
eLife
×
Olahraga Sebabkan Kematian?
Olahraga Sebabkan Kematian? Selengkapnya