Sudah Tahu? Ini Perjalanan Katalog IKEA Selama Tujuh Dekade

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Selasa, 15 Sep 2020 12:20 WIB
IKEA Foto: Dok. IKEA
Jakarta -

Perusahaan asal Swedia IKEA menjadikan katalog sebagai salah satu bagian penting dari perjalanan historis perusahaan di dunia ritel perabot rumah tangga. Sejak pertama kali dicetak, Katalog IKEA memiliki tujuan untuk memberikan akses terhadap produk sekaligus menjadi sumber inspirasi dan solusi perlengkapan rumah bagi masyarakat luas.

Public Relations Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki mengatakan katalog merupakan bagian penting dari IKEA. Katalog IKEA merupakan perjalanan sejarah kehidupan rumah tangga di mana memperlihatkan perkembangan dan setiap perubahan selama 70 tahun terakhir.

"Perubahan - perubahan mengikuti kebutuhan pelanggan dan tren pun menjadi salah satu dasar kami membuat Katalog IKEA. Melalui katalog IKEA ini kami berani melakukan perubahan di setiap tahunnya yang diperlukan untuk mewujudkan komitmen kami untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik," ujar Ririn, dalam keterangan tertulis, Selasa (15/9/2020).

Katalog IKEA pun telah dicetak dan distribusikan di 42 negara, dengan 69 edisi dan dalam 32 bahasa yang berbeda. Banyak perubahan dan keunikan yang dimiliki Katalog IKEA sejak diluncurkan hampir tujuh dekade yang lalu. Mari putar balik waktu untuk melihat perjalanan sampul Katalog IKEA dari satu dekade ke dekade lainnya.

1. Katalog IKEA Tahun 50-an

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA

Tidak banyak yang mengetahui bahwa merek IKEA merupakan singkatan dari nama penemu dan asal kelahirannya. Nama Ingvar Kamprad yaitu IK menjadi dua huruf awal, kemudian huruf E merupakan kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan di mana ia tumbuh. Sedangkan huruf A merupakan kependekan dari Agunnaryd tempat di mana peternakan itu berada.

Sebelum showroom pertama IKEA dibuka pada tahun 1948, Ingvar Kamprad menjalankan bisnis melalui penerimaan pesanan pelanggan melalui pos yang menjual berbagai macam produk mulai dari alat tulis, bahan pakaian hingga perabot yang diproduksi secara lokal dengan harga terjangkau.

Menyadari kebutuhan masyarakat Swedia kala itu dan agar menjangkau lebih banyak pelanggan di luar kota kelahirannya, Ingvar Kamprad menghadirkan Katalog IKEA pertama di dunia pada tahun 1951 menampilkan sofa khas IKEA, MK wing chair. Kala itu, konsumen dapat menelepon atau mengirimkan pesanan mereka dengan mengembalikan kupon yang disertakan dalam katalog lalu perabot akan dikirimkan langsung ke pelanggan.

2. Katalog IKEA Tahun 60-an

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA

Memasuki tahun 1960, IKEA juga melakukan terobosan baru dalam lini produknya dengan menambahkan warna cerah dan menggunakan bahan plastik untuk perabotnya. Katalog IKEA tahun 1962 merupakan kali pertama IKEA menggunakan sentuhan warna-warna cerah pada perabotannya.

Hal ini cukup bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan perabotan lainnya di mana perabotan diproduksi dengan warna gelap. Pada era yang sama IKEA juga melebarkan lini bisnisnya ke dunia kuliner.

IKEA Restaurant juga sudah berdiri sejak tahun 1960. IKEA Restaurant pertama kali hadir di dunia menyajikan makanan seperti burger, bakso (meatballs) dan lainnya. Hal ini berdasarkan pengamatan Ingvar bahwa banyak pembeli yang meninggalkan toko saat jam makan siang dan menyantap makanan di restaurant terdekat. Hal itu pula yang menyebabkan pelanggan lebih sedikit membeli perabotan karena lapar.

3. Katalog IKEA Tahun 70-an

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA

Suatu hari Ingvar Kamprad memiliki ide untuk membeli bahan denim sepanjang 5 kilometer dan membawa kain tersebut ke tim desainer dan kreatif untuk membuat suatu karya yaitu kursi santai TAJT pada tahun 1972. Perabot berbahan dasar denim yang dibuat itu pun merupakan hal pertama di dunia.

Tidak hanya itu, produk khas IKEA yaitu rak buku BILLY dan kursi santai POANG pertama kali diluncurkan pada era yang sama. Kedua produk tersebut telah menjadi bagian dari identitas IKEA selama 40 tahun dan selalu menjadi pilihan keluarga.

IKEA merupakan satu dari beberapa toko yang menerapkan self-service di mana pelanggan dapat mengambil sendiri perabotan mereka yang sudah dikemas di gudang. Metode ini diterapkan pertama kali di tahun 1970 setelah kebakaran besar menghanguskan sebagian area toko IKEA di Swedia.

Hingga saat ini warehouse IKEA telah menjadi tempat ikonik yang digemari oleh pelanggan untuk berfoto. Tentunya warehouse IKEA menjadi salah satu spot yang paling sering di-upload ke media sosial.

4. Katalog IKEA 80-an

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA

Menginjak umur ke-30 tahun, IKEA memperluas jangkauannya ke Amerika Serikat, Perancis dan Italia. Tidak hanya itu, IKEA juga memperbanyak versi IKEA Katalog dengan sembilan bahasa yang berbeda dan telah mencetak lebih dari 45 juta katalog untuk seluruh dunia.

Menghitung tahun bisa dibilang IKEA telah 70 tahun memberikan inspirasi rumah untuk setiap pelanggan di penjuru dunia melalui katalognya.

5. Katalog IKEA 90-an

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA

Pada era 90-an, IKEA mulai memperkenalkan lini koleksi khusus anak-anak. Tercermin dari sampul IKEA Katalog di tahun 90an bahwa IKEA mulai menampilkan model anak-anak di inspirasi rumahnya.

Tahun 90an juga menjadi tahun kelahiran produk anak-anak pertama oleh IKEA, yaitu kursi ANTILOP. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, IKEA mulai memanfaatkan teknologi komputerisasi untuk mendesain produk ANTILOP yang sebelumnya setiap produk merupakan hasil pengembangan karya desainer interior dan engineer.

Fakta unik lainnya adalah setiap nama produk IKEA berdasarkan nama wilayah dan negara di Swedia. Contohnya adalah sofa KLIPPAN yang merupakan salah satu desa kecil di provinsi Skåne, Swedia.

Lebih jauh lagi, penamaan produk IKEA untuk produk tekstil tempat tidur akan dinamai berdasarkan nama tumbuhan seperti BLOMMA yang artinya bunga. Sedangkan, produk anak-anak dinamai setelah nama hewan dalam bahasa Swedia seperti EKORRE yang berarti tupai.

6. Katalog IKEA 2000-an

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA


IKEA untuk pertama kalinya di tahun 2000 memberikan kesempatan kepada pelanggan di Denmark dan Swedia, agar dapat berbelanja secara online melalui IKEA.com. Hingga saat ini, IKEA.com telah dikunjungi lebih dari 14 miliar pengguna internet di dunia.

Memasuki tahun milenium, IKEA mulai fokus dalam mengembangkan produk multifungsi sehingga dapat memanfaatkan ruang yang terbatas agar tetap tampak luas. Pendekatan ini diambil sebagai respon dari tren dan perkembangan properti di era 2000-an seperti banyak keluarga yang tinggal di apartemen.

7. Katalog IKEA 2010-2020

IKEAIKEA Foto: Dok. IKEA

Mewujudkan komitmennya dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik melalui produk-produknya, IKEA terus melebarkan sayapnya. Pada tahun 2014 sampailah IKEA di Indonesia.

IKEA hadir melalui toko ritel yang berlokasi di Alam Sutera dan Sentul City serta secara online. Pemanfaatan teknologi digital melalui website memungkinkan masyarakat Indonesia dapat mengakses produknya dari rumah.

IKEA pun melakukan terobosan baru pada Katalog 2021 di mana IKEA tidak lagi mencetak katalog yang telah menjadi bagian dari identitasnya selama bertahun-tahun. Katalog IKEA kini dihadirkan dalam bentuk digital.



Simak Video "Dampak Pandemi, Black Friday di Amerika Serikat Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)