Trik Psikologi Agar Jangan Boros Belanja Saat Musim Diskon dan Midnight Sale

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 20 Des 2019 15:53 WIB
Foto: iStock
Jakarta -
Pergantian akhir tahun bukan hanya soal resolusi. Banyak orang juga memanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan sejumlah barang dengan harga lebih murah. Mulai minggu ini, pesta diskon dan midnight sale pun akan digelar di sejumlah pusat perbelanjaan. Anda yang selalu kalap ketika musim diskon, bisa mengantisipasinya dengan lebih waspada. Lima tips psikologi ini bisa menghindari boros belanja saat musim diskon dan midnight sale dari peneliti psikologi.

1. Pikirkan Mengapa Kamu Pergi Ke Mal
Belanja memang kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang bahkan menggunakannya sebagai pereda stres. Tapi hindari terlalu terjebak euphoria dan jebakan-jebakan toko yang membuat Anda jadi boros dan menumpuk barang di rumah. Salah satu tips dari peneliti psikologi konsumen adalah dengan mengetahui mengapa kamu pergi belanja.

Leonard Lee, seorang profesor NUS Business School mengungkap jika orang memang punya tujuan yang berbeda saat belanja atau pergi ke pusat perbelanjaan. Beberapa memang ingin belanja barang-barang yang memang dibutuhkan, ada yang hanya ingin membandingkan harga sebelum memutuskan, dan ada pula yang melihat-lihat diskon.

Ia menyarankan untuk mengetahui alasan sebenarnya mengapa kamu pergi ke mal. Lalu jangan melenceng dari tujuan utama saat sampai di sana ketika musim diskon dan midnight sale.

2. Buat Daftar Jika Perlu
Untuk menghindari pembelian impulsif, jika perlu buatlah daftar belanja. Selain agar tidak membeli hal-hal yang kurang dibutuhkan hanya karena diskon, hal ini juga akan menghindarkan Anda lupa suatu barang.

"Fokus pada apa yang kamu butuhkan dari pada yang diinginkan. Hati-hati dengan menjustifikasi 'alibi fungsi' (berbohong kepada diri sendiri mengenai pentingnya barang itu) untuk membenarkan sebuah pembelian impulse atau tidak terencana," kata Lee dilansir Business Insider.

3. Bawa Teman
Agar lebih disiplin, tetapkan pula budget. Tak ada salahnya dengan berburu barang di mal saat musim diskon dan midnight sale, tapi pastikan tidak kelewat batas. Satu hal lain yang mungkin bisa membantu adalah dengan membawa seorang teman.

"Bawalah seorang teman yang kamu tahu sering mengiritik pembelianmu, yang akan mempertanyakan apa yang akan kamu beli. Tapi ketahuilah ini mungkin akan menghilangkan sedikit kesenanganmu dalam belanja," ungkapnya.

4. Jangan Belanja Saat Lapar
Trik hemat yang mungkin Anda tak pernah terpikirkan adalah jangan belanja saat lapor. Penelitian membuktikan bahwa pelanggan cenderung belanja lebih banyak ketika kamu sedang lapar. Banyak orang yang memilih belanja dulu baru pergi makan setelahnya. Tapi hal itu malah bisa semakin bikin kalap.

5. Bayangkan Jika Harganya Tidak Diskon
Sebaiknya beli barang karena benar-benar dibutuhkan bukan karena potongan harganya. Maka dari itu, sebelum membeli barang diskon coba pikirkan lagi apakah kamu benar-benar akan membelinya jika tidak sale. Dengan begitu, kamu akan lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang.


Simak Video "Heboh Pegawai Starbucks Indonesia, Apa Penyebab Pria Suka Ngintip?"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)