ADVERTISEMENT

Tampil Glamour Dengan Jam Tangan Berkelas, Ini Tips Cermat Pemilihannya

Siti Rahmi Anjani, Siti Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 02 Apr 2014 09:42 WIB
Dok. Swatch
Jakarta -

Selain sebagai pengingat waktu, jam tangan juga kerap dianggap sebagai aksesori penunjang penampilan. Kehadirannya dapat menambah sentuhan berbeda pada keseluruhan gaya yang ingin ditampilkan. Sebagian dari Anda mungkin masih memakai jam kasual dan ingin beralih pada sebuah jam bermerk yang terlihat lebih berkelas. Yuk, intip tips dan trik membeli jam mahal agar tak berujung buang-buang uang:

1. Model yang Klasik
Toby Bateman, Buying Director situs MRPORTER menyarakan untuk mencari model yang sederhana dan timeless dengan desain yang klasik. Sesuatu yang akan terlihat serasi dengan jas atau bahkan pakaian santai akhir pekan. Dengan memiliki jam tangan model tersebut, Anda tak perlu takut jam tangan kesayangan akan ketinggalan tren atau kurang cocok dengan koleksi busana.

2. Perhatikan Ukurannya
Jika Anda memiliki ukuran tubuh yang cenderung kecil atau bahkan proporsional, hindarilah penggunaan jam yang terlalu besar karena tidak akan enak untuk dilihat. Dikutip dari BBC, Ariel Adams, founder situs aBlogtoWatch juga mengatakan bahwa jam jangan terlalu kecil. Kebanyakan orang terlihat bagus dengan jam berbentuk bulat dan berukuran lebar 40-44mm.

3. Brand Terkenal
Membeli jam tangan dengan merk yang telah dikenal memang tidak salah. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut telah memiliki sejarah panjang pembuatan jam yang membuat produksi mereka lebih berkualitas. Jam-jam asal brand ternama juga terbukti lebih mudah untuk diperbaiki dan dirawat sampai bertahun-tahun.

4. Jam Tangan Bukan Inventasi
Meskipun terbuat dari emas atau berlian asli, sebuah jam tidak akan berharga lebih mahal jika dijual lagi. CEO Konsultan Jam, Andrew Block mengatakan bahwa membeli jam layaknya membeli mobil yang setelah terpakai akan berkurang nilainya. Namun jika Anda tetap ingin membeli penunjuk waktu yang memiliki nilai jual tinggi, merk Rolex dan Patek Phillipe adalah pilihan yang tepat untuk pria, sedangkan Cartier untuk wanita.

5. Pilih Sendiri
Memilih jam layaknya memilih sepatu, terkadang hanya Anda yang tahu model dan ukuran seperti apa yang sesuai dan pantas bagi Anda. Jam juga kerap mencerminkan pribadi pemakainya maka dari itu sangat penting untuk memilihnya sendiri sesuai hati dan insting. Terlebih jika jam itu dibeli dengan harga yang tak main-main.

6. Risiko Teknologi Yang Terlalu Canggih
Banyak jam yang menawarkan keunggulan canggih namun belum tentu penting untuk Anda miliki. Sebelum membawa pulang jam impian, pastikan Anda mengetahui cara memaksimalkan fungsi-fungsinya. Jangan sampai uang Anda terbuang percuma hanya untuk gaya-gaya saja. Adams mengatakan jam tangan mekanik yang sangat rumit bisa menjadi nilai tambah namun juga berpotensial cepat rusak dan bermasalah. Disarankan pula agar pemiliki jam dengan teknologi yang rumit memiliki jam lebih dari satu agar masih ada ganti jika yang satu sedang diperbaiki.

7. Jam Mahal Sebagai Hadiah Diri
Jangan ragu untuk membeli jam mewah nan ekslusif untuk diri sendiri. Karena selain untuk kepuasaan batin, jam juga bisa melambangkan sebuah prestasi dan penanda sejarah hidup. Rayakan kesuksesan seperti lulus kuliah, mendapat kerja pertama, atau prestasi kerja dengan membeli sebuah jam berkualitas yang tahan lama sehingga kenangannya teringat sampai Anda tua.

(eny/eny)