Sejuk Nyaman Bersantai di Restoran Khas Argentina, Sudestada Thamrin

Hestianingsih - wolipop Jumat, 11 Okt 2019 18:33 WIB
Foto: Hestianingsih/Wolipop Foto: Hestianingsih/Wolipop

Jakarta - Restoran yang menyajikan kuliner dari Amerika Latin masih jarang ditemukan di Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya Sudestada, restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, yang menawarkan berbagai makanan khas Argentina.

Lokasi Sudestada bisa dibilang cukup 'terpencil'. Letaknya berada di sudut jalan, tepatnya di belakang Hotel Pullman Thamrin yang jauh dari keramaian. Meskipun sedikit sulit ditemukan, restoran ini memberikan ambiens cukup nyaman dan membuat pengunjung betah santai berlama-lama.

Sudestada memiliki dua area di outdoor dan indoor. Area luar cukup luas dan dilengkapi banyak kursi. Suasana bertambah nyaman karena dikelilingi tanaman hijau yang memberi kesan sejuk nan rindang.



Sementara bagian dalamnya lebih kental nuansa Amerika Latin. Anda akan disambut meja bar panjang begitu memasuki ruangan. Desain interior dirancang bergaya rustic dengan dinding bata merah kecokelatan.

Sejuk Nyaman Bersantai di Restoran Khas Argentina, Sudestada ThamrinFoto: Hestianingsih/Wolipop


Anda juga akan mendapati mural bertemakan Argentina lewat warna-warna vibran. Belum lagi foto berbingkai besar yang memperlihatkan gedung El Caminito, landmark dan bangunan ikonik di salah satu distrik Buenos Aires.

Focal point dari restoran ini adalah tangga kuning besar mengular, yang akan mengantarkan Anda ke lantai dua. Kapasitas di area ini memang lebih kecil ketimbang lantai dasar dan outdoor. Tapi cukup nyaman jika Anda menginginkan suasana lebih intim.

Sejuk Nyaman Bersantai di Restoran Khas Argentina, Sudestada ThamrinFoto: Hestianingsih/Wolipop


Puas mengamati ambiens, saatnya menikmati menu-menu khas Argentina yang disajikan. Sebagai pembuka kami memesan Empanadas, roti isi atau pastry panggang a la Amerika Latin. Isiannya bisa dipilih, bayam + ricotta atau hand-cut beef. Menu satu ini cukup memuaskan lidah. Ada sensasi renyah dari kulit pastry dan creamy serta intens di bagian dalamnya.

Kami juga mencoba Matambre Sandwich, daging giling dengan mozzarella, disajikan dengan setangkup roti dan kentang goreng. Porsinya cukup besar, satu menu cukup untuk dua orang.

Sejuk Nyaman Bersantai di Restoran Khas Argentina, Sudestada ThamrinFoto: Sudestada


Untuk menu utama, kami memesan Arroz Caldoso yang direkomendasikan salah satu staf restoran. Nasi a la Spanyol dimasak dengan kaldu khusus dan topping lobster serta gurita. Untuk menu seharga Rp 250 ribu, porsinya terbilang kecil. Begitu pun lobster dan gurita di atasnya yang habis dalam sekali suap. Ada sensasi rasa tangy dari pasta tomat dan gurihnya kaldu.

Sejuk Nyaman Bersantai di Restoran Khas Argentina, Sudestada ThamrinFoto: Sudestada


Sebagai penutup, disajikan Flan de Caramelo, silky pudding creamy dengan kucuran saus gula. Dessert ini juga disajikan bersama krim karamel. Namun kami memilih menikmatinya tanpa tambahan krim karena rasa pudding sudah cukup manis.

Berbagai minuman di Sudestada disajikan dengan rasa dan campuran yang unik. Cocok untuk Anda yang suka mencoba rasa minuman lain dari biasanya. Salah satunya signature coffee mereka La Fresa Ice Cafe, campuran espresso, jus lemon dan stroberi. Rasa kopinya tidak terlalu kuat, lebih dominan rasa segar asam dari sari buah. Sedikit hint kopi membuat rasa minuman ini lebih mirip root beer tanpa soda.

Sejuk Nyaman Bersantai di Restoran Khas Argentina, Sudestada ThamrinFoto: Sudestada


Jika ingin yang segar-manis, bisa memilih Irian Surprise. Mocktail campuran cranberry, mango, buah naga dan sari lemon rasa bubblegum.

Secara keseluruhan Sudestada bisa jadi pilihan tempat untuk relaks saat ingin menjauhi hiruk pikuk ibu kota. Namun untuk rasa makanan mungkin bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama menu utamanya. Makan dengan dua orang menghabiskan biaya sekitar Rp 500 ribu.

Sudestada Grill, Bar & Cafe beralamat di Jl. Irian No.18, Thamrin, Jakarta.

Simak Video "Jay-Z Akan Buka Bisnis Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)