Suka Posting Fotonya ke Facebook Tanpa Izin, Remaja Polisikan Ibu Sendiri

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 16 Jan 2018 17:56 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Belum lengkap rasanya menjadi orangtua 'zaman now' jika tidak unggah foto anak ke media sosial. Hal itu memang menjadi salah satu cara orangtua menunjukkan kebahagian dan kebanggaannya pada buah hati. Meski tidak punya maksud buruk, terlalu sering posting foto anak sebenarnya kurang baik. Selain foto tersebut dapat dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab, anak juga bisa menuntut ibu atau ayah yang mengunggahnya tanpa izin seperti remaja ini.

Seorang remaja di Italia diketahui melaporkan ibunya sendiri ke polisi karena suka mengunggah fotonya ke Facebook. Alasan tersebut tentu terdengar aneh karena posting foto anak umumnya pernah dilakukan semua ibu dan jarang berakibat buruk. Namun remaja 16 tahun ini mengaku jika perilaku ibunya telah memberi dampak serius hingga ia ingin pindah sekolah.

Ternyata apa yang kerap diunggah sang ibu terkait anaknya ke media sosial memang tidak baik. Semenjak bercerai, ibu itu dikatakan suka memposting foto bahkan detail mengenai kehidupan pribadi sang anak secara kompulsif.

Bahkan ibu tersebut tega mengatakan anaknya seorang pasien jiwa bahkan menyamakan dengan pembunuh. Tentu saja semua itu diuggah tanpa izin terlebih dahulu. Dilaporkan jika sang ibu melakukannya karena anaknya malas belajar.

Hakim Italia pun telah memutuskan jika ibu tersebut bersalah karena menyalahi aturan Facebook dengan mengekspos foto dan informasi anaknya dengan tidak baik. Hukum hak cipta Italia pun menyatakan jika subyek pada foto adalah pemilik hak cipta sehingga mewajikan pengunggah meminta izin sebelumnya upload.

Ibu tersebut pun telah diperintah hakim untuk tidak mengunggah foto atau video terkait sang anak dan menghapus semua data mengenai dirinya terhitung 1 Februari 2018 nanti. Jika tidak bisa menghapus, ibu itu akan dikenakan denda €10,000 atau Rp 163 jutaan.

Sebelumnya kasus serupa pun pernah terjadi di mana remaja 18 tahun menuntutorangtuanya karenamengunggah lebih dari 500fotonya keFacebook tanpa izin. Kejadian seperti ini juga semakin banyak terjadi yang membuat para pakar memperingatkan orangtua untuk tidak berlebihanmengunggah foto anak. Pastikan pula untuk meminta izin sebelumnya agar tidak menyalahi privasi anak dan justru merugikannya.
(ami/ami)