ADVERTISEMENT

Terungkap 4 Aturan Keuangan Orang Kaya: Jangan Beli Kalau Bisa Sewa

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Sep 2022 07:30 WIB
Ilustrasi wanita berbelanja dengna loyalty program. Foto: freestocks/Unsplash
Jakarta -

Menjadi kaya terkadang bukan hanya soal digaji tinggi atau mendapatkan banyak uang. Untuk bisa mencapai status miliuner, dibutuhkan cara mengelola finansial yang tepat, termasuk untuk melipatgandakan uang daripada membiarkannya di tabungan.

Seorang bos dan pakar yang berpengalaman dalam investasi dan punya 18 perusahaan membagi prinsip-prinsipnya yang diterapkan sejak muda hingga bisa sukses seperti sekarang. Dilansir CNBC, pria bernama Grant Cardone itu pun mengaku punya empat aturan keuangan orang kaya yang bisa kamu pelajari.

1. Jangan Beli Barang Mahal Jika Tidak Bisa Beli 2 Kali Lipatnya
Grant Cardone sukses bukan hanya karena kemampuannya bekerja dan menghasilkan uang. Pria tersebut juga mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk terkait finansial dan berusaha menghindarinya. Salah satunya adalah tidak membeli barang mahal seperti mobil atau liburan mewah ketika tidak punya cukup uang.

Bukan melarang tapi Grant memiliki prinsip dalam bertransaksi barang mahal yakni harus bisa membeli atau membayar dua kali lipatnya. Kalau uang kamu tidak cukup artinya kamu belum mampu membeli barang semahal itu. Cara ini juga bisa membuat orang lebih mempertimbangkan kebutuhan daripada keinginan saat melakukan pembelian.

2. Jangan Beli Kalau Bisa Sewa
Pria tersebut mengatakan bahwa tidak semuanya harus dibeli. Ia sendiri berprinsip hanya akan membeli sesuatu jika akan menguntungkan di kemudian hari. Karenanya, Grant kini memilih untuk menyewa rumah dan mobil. Daripada dipakai untuk mencicil, ia menggunakan uangnya untuk diputar kembali atau dijadikan investasi.

"Aku tidak pernah memperpanjang sewaku lebih dari 24 bulan bahkan jika tagihannya lebih murah. Banyak yang bisa terjadi dalam dua tahun dan aku mencoba untuk menghindari terjebak di mobil yang tidak lagi aku butuhkan," ungkapnya.

3. Jangan Menghabiskan Uang untuk Mengimpresi Orang
Banyak orang ingin menjadi kaya karena ingin terlihat mampu. Hal itu kadang bisa menjadi motivasi atau malah jadi menjatuhkan. Bahkan ketika punya banyak uang, semua itu bisa habis jika kamu hanya menggunakannya untuk mengimpresi orang lain.

4. Pakai Uang Pasif
Grant menekankan pentingnya punya pemasukan pasif. Untuk bisa kaya lebih cepat kamu memang perlu memiliki beberapa sumber pendapatan. Untuk kebutuhan sehari-hari, pria itu pun memilih untuk menggunakan pemasukan pasifnya yang lebih sedikit dari penghasilan utama sebagai pembatas untuk tidak berfoya-foya. Sedangkan gaji dari pekerjaan utama ditabung atau diinvestasikan.

"Karena aku menerapkan aturan-aturan ini selama dua dekade, aku bisa melewati resesi dan pandemi global," tuturnya.

(ami/ami)