ADVERTISEMENT

5 Tips Supaya Gajian Nggak Cuma Numpang Lewat

Arief Budiman - wolipop Selasa, 06 Sep 2022 13:35 WIB
Ilustrasi Pay Day Foto: ACE Hardware
Jakarta -

Tiap memasuki awal bulan, raut wajah para pekerja terlihat lebih bersinar. Yap, karena awal bulan biasanya para pekerja mendapatkan upah atau gajian dari hasil kerjanya. Sayangnya, kebanyakan gaji cuma numpang lewat atau sudah habis duluan sebelum waktunya, baik itu karena belanja yang berlebihan ataupun pengelolaan keuangan yang kurang tepat. Agar gaji nggak cuma numpang lewat lagi berikut ini ada lima tips yang bisa kamu lakukan supaya tetap bisa belanja tanpa khawatir gaji habis sebelum waktunya.

Bikin Daftar Belanjaan

Sebelum pergi berbelanja, ada baiknya kamu membuat daftar belanjaan produk apa saja yang akan kamu beli dan butuhkan terlebih dahulu. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari belanja berlebihan yang tidak perlu. Kamu juga bisa cek katalog toko untuk mengetahui produk apa saja yang terdapat penawaran harga. Siapa tahu di salah satu produk yang sedang promo ada produk yang kamu butuhkan.

Tentukan Bujet

Menentukan bujet jadi hal yang perlu kamu lakukan sebelum berbelanja. Kamu bisa memisahkan gajimu menjadi beberapa bagian bujet seperti untuk belanja kebutuhan pokok, makanan, jajan, hiburan, dan lainnya. Sehingga ketika berbelanja kamu hanya perlu membawa uang sesuai bujet yang sudah kamu tentukan. Dengan begitu kamu akan fokus pada bujet dan daftar belanja yang ingin kamu beli dan kamu jadi tidak mudah tergiur untuk membeli barang yang lainnya.

Jangan Mudah Tergiur

Di hari gajian para pekerja, biasanya banyak supermarket atau toko lainnya mengadakan promo besar-besaran. Namun, kebanyakan promo yang ditawarkan adalah promo bundling yang mengharuskan kamu membeli lebih banyak. Mekanisme ini bisa bikin pengeluaran belanjamu membengkak. Untuk itu, kamu juga harus jeli melihat promo yang ada dan jangan sampai mudah tergiur, ya. Pastikan kamu hanya membeli barang yang ada pada daftar belanjaan kamu.

Pilih Produk Yang Memang Dibutuhkan

Untuk menghemat pengeluaran agar gaji tidak habis sebelum waktunya, kamu harus bisa membedakan produk yang memang kamu butuhkan dan kamu inginkan, karena keduanya merupakan hal yang berbeda.

Jika kamu melihat sebuah barang hanya karena sekadar lucu atau sedang ada promo, sebaiknya kamu pikir-pikir dulu apakah barang tersebut akan berguna dan terpakai jika kamu memilikinya? Akankah kamu sering menggunakannya? Jika tidak, maka itu hanya sekadar keinginanmu dan kamu tidak perlu untuk membelinya. Perlu untuk kamu berpikir dua kali sebelum membeli sebuah barang agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran.

Manfaatkan Cashback, Potongan Harga, dan Promo Lainnya

Walaupun akan memakan waktu lama, tidak ada salahnya membandingkan harga barang yang kamu butuhkan di berbagai tempat untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan promo yang ada seperti cashback, potongan harga dan lainnya.

Cobalah untuk lebih sering mengecek promosi barang yang kamu butuhkan seperti belanja di ACE Indonesia kamu bisa rajin mengecek ACE Online atau aplikasi MISS ACE yang sering menawarkan promo khusus online atau aplikasi.

Dengan tips di atas kamu tidak perlu khawatir lagi gajian yang cuma numpang lewat saja. Seluruh produk kebutuhan dengan penawaran terbaik bisa kamu dapatkan di toko ACE Indonesia terdekat. Kamu juga bisa berbelanja dari rumah melalui ACE Online dan aplikasi MISS ACE. Yuk, belanja sekarang!



Simak Video "Ace Hardware Digugat Pailit, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)