ADVERTISEMENT

7 Cara Berhemat dari Wanita yang Diberi Julukan Orang Terpelit di Dunia

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 10 Jul 2022 16:35 WIB
Ilona Richards Foto: Facebook Ilona Richards
Jakarta -

Seorang wanita bernama Ilona Richards berbangga dengan julukannya sebagai orang terpelit di dunia. Wanita tersebut memang melakukan berbagai cara ekstrem untuk menghemat pengeluran. Ia bahkan tidak ragu meminta tamu yang datang ke rumahnya untuk membawa teh mereka sendiri.

Ilona sudah dikenal dengan gaya berhematnya yang dianggap kebanyakan orang keterlaluan. Bagaimana tidak, wanita 72 tahun itu bahkan menolak untuk memberi tamunya teh, membeli baju anak remaja agar lebih murah, menyiram toilet sehari sekali hingga menulis dengan huruf yang kecil-kecil agar menghemat tinta.

"Jangan mengundang tamu. Rumahku terlalu dingin untuk kebanyakan orang jadi mereka tidak suka datang dan itu menghemat uang," ungkapnya dilansir Dailymail.

"Orang-orang sepertinya tidak tahu perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Mereka mungkin berpikir aku butuh ponsel baru tapi aku pikir jika yang lama berfungsi kamu tidak butuh yang baru," lanjut Ilona yang juga pakai hairdryer berusia 30 tahun.

Bukan tanpa alasan, obsesi Ilona untuk berhemat dilatarbelakangi kondisinya. Ketika itu, ia terpaksa kehilangan pekerjaan sering harus ekstra mengatur keuangan. Ilona pun tumbuh dengan gaya hidup yang tidak ekstravagan dan selalu mandiri sejak kecil. "Ambisiku adalah untuk menghasilkan uang. Aku sangat mandiri," ucapnya.

Tak heran dengan kerja keras dan kemampuannya menabung, wanita pensiunan tersebut sudah bisa beli rumah ketika berusia 30 tahun. Kamu yang punya tujuan finansial atau terpaksa harus ekstra hemat pun bisa mencontoh gaya hidup sederhananya. Tak harus ekstrem, beberapa cara Ilona cukup masuk akal untuk diterapkan di keseharian.

1. Jangan Mandi Lama-lama
Dilansir Oversixty, Ilona Richards mengurangi waktu mandinya untuk menghemat biaya air atau listrik.

2. Jangan Pakai Tisu
Wanita yang dulu berprofesi sebagai supir truk tersebut juga berhemat dengan tidak menggunakan tisu. Alih-alih beli, dia memilih untuk menggunakan seprei atau handuk bekas yang dipotong-potong.

3. Jangan Beli Tupperware
Hal lain yang dihindarinya adalah membeli kotak makanan. Ilona selalu menggunakan tempat makanan dan minuman bekas atau gratis. Menurutnya dengan begitu, kita juga akan menyelamatkan lingkungan.

4. Batasi Biaya Makan
Ia selalu berusaha menghemat bahan makanan dan memastikan tidak ada yang terbuang. Ilona pun punya perhitungan sendiri mengenai biaya makan harian yang tidak boleh lebih dari puluhan ribu rupiah dalam sehari.

5. Potong Rambut Sendiri
Menurutnya mengapa harus pergi ke salon jika bisa memotong rambut sendiri di rumah. Sudah pasti, Ilona enggan melakukan perawatan rambut atau kulit lain yang menurutnya kurang penting.

6. Beli Baju Bekas
Ilona mengaku selalu membeli atau mengambil baju bekas. Untuk celana, ia memilih celana anak lelaki remaja yang menurutnya lebih murah dan tahan lama.

7. Tulis Semua Pengeluaran
Salah satu tips hematnya yang masuk akal dan patut diterapkan adalah mencatat pengeluaran setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol keuangan dan tidak menghabiskan uang melebihi batas.

(ami/ami)
Breaking News
×
Update Penanganan Gempa Cianjur
Update Penanganan Gempa Cianjur Selengkapnya