ADVERTISEMENT

Antibokek, Sontek 3 Prinsip Atur Keuangan ala Idol Korea Ini!

Erika Dyah - wolipop Senin, 31 Jan 2022 21:27 WIB
Ilustrasi: Laetitia Caeli x Jenius Foto: Ilustrasi Laetitia Caeli x Jenius
Jakarta -

Kesuksesan para idol Korea atau K-Pop idol sudah tak asing lagi di telinga masyarakat dunia. Tak hanya populer karena sukses berkarya, idol Korea pun dikenal memiliki penghasilan fantastis yang membuatnya bergelimang harta.

Sering takjub melihat aset idol Korea yang mewah seperti Chanyeol EXO dengan kecintaannya akan mobil keren atau G-Dragon yang punya gedung dan rumah yang megah? Bukan tak mungkin kamu mendapatkan hal tersebut jika mampu melakukan pengelolaan keuangan yang benar. Sebab, para idol Korea pun diharuskan untuk pintar mengurus keuangan mereka agar dapat menikmati kemewahan tersebut.

Ingin tahu prinsip keuangan ala idol Korea apa saja yang bisa kamu tiru? Simak beberapa poin berikut yang diulas oleh Alira, seorang content creator dan Korean culture enthusiast, yang dilansir dari laman Jenius.

1. Atur Penghasilan yang Fluktuatif dengan Smart Money Management

Tahukah kamu bahwa banyak idol tidak mendapatkan bayaran setiap bulan? Bahkan, sejumlah agensi memiliki kebijakan untuk menggaji talent mereka setiap 3 bulan sekali. Pendapatannya pun bersifat fluktuatif sesuai dengan proyek yang tengah dikerjakan.

Tak hanya itu, rookie idol-idol muda yang baru debut pun bisa saja tidak mendapat gaji di beberapa tahun pertama untuk membayar utang di masa training-nya. Oleh karena itu, pengelolaan keuangan menjadi salah satu tugas besar yang perlu diperhatikan bagi para idol untuk mampu bertahan dengan uang yang mereka miliki.

Sebagai seorang idol, mereka juga harus memisahkan budget untuk pengeluaran wajib, seperti biaya listrik-air-gas, biaya telepon, serta kebutuhan sehari-hari. Lalu, mereka juga perlu mengalokasikan dana untuk keperluan mendadak dan sebagian juga untuk ditabung. Pengelolaan keuangan yang cerdas ini dapat juga kamu terapkan dalam pengelolaan keuanganmu untuk membantu menghindari masalah-masalah keuangan yang rawan bikin bokek.

Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan keuangan dengan menambah sumber penghasilan lewat pekerjaan sampingan, atau side hustle. Hal ini juga dilakukan oleh beberapa idol dengan menjadi BJ (broadcast jockeys) streaming, model part-time untuk katalog, hingga menjadi penyanyi freelance untuk demo lagu, seperti yang dilakukan Eric Nam di awal kariernya.

2. Jangan Gengsi! Buru Diskon, Poin, dan Reward Bisa Dapat Cuan

Tak hanya di Indonesia, promo juga kerap diburu oleh masyarakat Korea Selatan lho! Berbagai toko di Korea Selatan umumnya menawarkan program loyalitas dalam bentuk membership atau point cards bagi pelanggannya. Dilansir dari 10mag, beberapa reward yang kerap diberikan dari toko-toko di Korea Selatan antara lain:

  • Hadiah satu minuman gratis di kafe yang bisa didapatkan setelah mengumpulkan 10 stamp dari setiap transaksi
  • Diskon potongan toko buku untuk pembelian berikutnya dari point card dengan besaran tergantung pada level membership di masing-masing toko buku.
  • Penukaran kupon belanja dari toko kosmetik dari membership/keanggotaan setelah mencapai nominal pembelanjaan tertentu.
  • Hadiah ulang tahun dari bioskop berupa kombo popcorn dan minuman gratis untuk member bioskop tertentu.

Nggak perlu gengsi untuk memanfaatkan berbagai promo diskon agar bisa mendapatkan reward di atas. Sebab kamu justru bisa berhemat dan cuan banyak saat melakukannya. Idol legendaris Lee Hyori mengaku sebelumnya ia pernah berpikir sistem reward ini tidak berguna, akan tetapi seiring waktu ia berubah pikiran. Bahkan, menurutnya laki-laki yang rajin mengumpulkan kupon tampak lebih menarik di matanya.

Penawaran diskon menarik tak hanya bisa didapatkan di toko offline saja, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace untuk mencari barang dengan harga termurah. Manfaatkanlah fitur di e-commerce atau internet yang bisa membantumu membandingkan harga termurah dan mendapat notifikasi penawaran khusus di tanggal-tanggal spesial.

3. Manfaatkan Aplikasi untuk Pantau Pengeluaran

Di zaman serba digital saat ini, masyarakat banyak mengandalkan aplikasi digital untuk mengatur keuangan. Kalau di Korea, ada 가계부 (gagyebu), salah satu aplikasi keuangan terpopuler berupa tools yang dapat membantu pengguna melacak alokasi pengeluaran dan pemasukan agar tercatat dengan rapi.

Jika ada ekstra budget yang tidak digunakan, aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi jenis tabungan deposito dengan bunga besar maupun anjuran investasi yang bisa kamu manfaatkan. Tentunya, hal ini juga dapat bantu kamu menabung dengan tepat sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa memantau keuanganmu lewat fitur Moneytory di aplikasi Jenius. Fitur ini merangkum pengeluaran dan pemasukan yang terbagi dalam beberapa kategori yang bisa kamu atur sendiri. Jadi, nggak perlu download aplikasi pengelola keuangan terpisah deh!

Ilustrasi: Laetitia Caeli x JeniusFoto: Ilustrasi Laetitia Caeli x Jenius

Punya sisa budget? Jangan khawatir! Kamu bisa langsung simpan uang di Flexi Saver biar nggak kalap dipakai belanja yang tak perlu. Untuk kamu yang punya goal tertentu dalam jangka pendek maupun panjang, bisa juga menerapkan installment saving dengan menabung sejumlah nominal uang setiap bulannya sesuai dengan target yang ingin dicapai. Jenius dapat membantu kamu melakukan installment saving dengan mudah melalui fitur tabungan autodebit Dream Saver, lho!

Itu tadi 3 prinsip keuangan yang bisa kamu sontek dari para Idol Korea yang telah sukses dan berhasil hidup mewah. Dengan semangat dan disiplin yang kuat dalam mengelola keuangan, kamu juga bisa sedikit-sedikit menabung hingga lama-lama menjadi bukit.

Jangan lupa manfaatkan fitur-fitur unggulan dari Jenius untuk bantu kamu kelola keuangan dengan lebih baik. Ingin tahu prinsip atur keuangan lain ala Idol Korea yang bisa kamu sontek? Cek selengkapnya di sini!

(ads/ads)