Ironis! Motivator Hidup Hemat Ini Malah Habiskan Rp 14 Juta Sehari Buat Makan

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 23 Nov 2021 21:00 WIB
Kevin OLeary Foto: Instagram @kevinoleary
Jakarta -

Kevin O'Leary dikenal sebagai pengusaha yang sering membagikan tips keuangan dan motivasi. Pria itu pun selalu menyarankan orang untuk menghemat pengeluaran demi memaksimalkan penghasilan. Tapi tampaknya hal itu tak terlalu bisa diaplikasikan pada dirinya sendiri. Kevin mengatakan punya kebiasaan makan seharga belasan juta sehari.

Pebisnis Kanada yang punya acara televisi itu mengaku kebiasaan yang tak patut dicontoh. Meski sering menyarankan orang untuk berhemat, ia terang-terangan mengaku cukup berfoya-foya untuk makanan. Pria 67 tahun itu tahu bahwa uang untuk makannya termasuk berlebihan.

"Aku selalu di jalan sepanjang minggu, lima hari dalam seminggu, aku menghabiskan sekitar $1.000 (Rp 14,2 jutaan) sehari untuk makanan," katanya dilansir CNBC Make It.

"Misalnya untuk sarapan hari ini aku menghabiskan sekitar $200 (Rp ribuan). Itu untuk sebuah meeting yang sangat penting dengan seseorang yang aku ada bisnis," ungkapnya.

Kevin O'LearyKevin O'Leary Foto: Instagram @kevinoleary

Meski orang kaya, Kevin menyadari bahwa makan hingga belasan juta sehari sedikit gila. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya gila karena menjadi bagian investasinya. Makanan-makanan mahalnya biasanya terkait dengan bisnis. Dalam dunia bisnis, makan siang, makan malam bahkan sarapan menjadi salah satu cara memuluskan kesepakatan.

"Aku tidak ingin berutang pada apapun pada siapapun. Jadi aku sangat senang untuk membayar tagihannya. Aku selalu melakukannya," ujar Kevin.

Tapi hal tersebut tidak direkomendasikannya pada semua orang. Apalagi untuk kamu yang baru memulai karier. "Jika kamu baru mulai bekerja, lihat penghasilanmu dan jangan habiskan lebih dari 20% setelah pajak untuk makan di luar," saran pria yang juga politisi tersebut.

Ia mengakui jika makanan adalah bahan bakar tubuh jadi belilah sumber yang berkualitas tapi dengan cara yang cerdas. Tidak ada sesekali membeli makanan enak di luar namun jangan terlalu sering.

"Dan jika kamu mau 'cerdas', batasi biaya makan di luar 10% dari penghasilan per minggu dan makan di rumah empat hari dalam seminggu paling tidak. Jika kamu benar-benar ingin menghemat uang, makan di rumah enam hari seminggu dan berfoya-foya hanya satu hari," tutur Kevin.

(ami/ami)