Viral Emak-emak Gaji Rp2,7 Juta Bayar KPR dan SPP, Ini Kunci Agar Tidak Boros

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 17 Nov 2021 18:45 WIB
Postingan perencanaan uang belanja Feti. Postingan belanja Feti Iraningsih. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36.
Pekalongan -

Mengatur keuangan dalam rumah tangga tidaklah mudah. Butuh perencanaan keuangan yang matang, agar seluruh kebutuhan bisa terpenuhi. Seperti kisah viral unggahan emak-emak di Pekalongan, Jawa Tengah, yang menjelaskan gaji Rp2,7 juta bisa membayar seluruh kebutuhan rumah tangga.

Wanita tersebut bernama Feti Iraningsih yang viral setelah membuat unggahan Instagramnya @feti_ira36 tentang rincian pengeluarannya setiap bulan. Unggahannya menjadi viral karena dia bisa membayar semua kebutuhan rumah tangga termasuk makan, SPP hingga cicilan KPR dengan gaji dirinya dan suami yang hanya Rp 2,7 juta setiap bulannya.

"Assalamualaikum wr wb. Selamat malam manteman online. Gajian sudah cair nih. Saatnya buat corat coret pengeluaran. Kalau membahas soal keuangan memang selalu pro dan kontra ya. Tapi di sini aku cuma berusaha untuk berbagi cerita aku saja," tulis @feti_ira36. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Foto Feti Ira dan keluarga.Foto unggahan Ira yang viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36.

Menanggapi unggahan tersebut, menurut perencana keuangan independen Bareyn Mochaddin, S.Sy., M.H., RPP®, RIFA®, unggahan Ira seharusnya diapresiasi.

"Bukan hanya karena tentang kemampuannya mencukupkan diri dengan penghasilan yang diterima, tetapi juga tentang inspirasi yang telah dibagikan oleh beliau," kata Bareyn kepada Wolipop, Sabtu (13/11/2021).

Dari postingan tersebut Bareyn memberikan tiga penjelasan yang bisa dipelajari oleh ibu rumah tangga lainnya. Berikut rinciannya :

1. Buat Rencana Belanja

Salah satu kunci sukses dalam mengelola penghasilan adalah membuat rencana belanja bulanan atau budgeting. Karena dengan budgeting kamu bisa melihat apa yang penting dan tidak penting dari pengeluaran kamu.

2. Rencana Belanja Sederhana dengan Buku Tulis

Rencana belanja bulanan atau budgeting bukanlah sebuah hal yang rumit, tidak perlu menguasai software perhitungan angka yang rumit atau menggunakan aplikasi keuangan yang paling mutakhir, tapi budgeting bisa dibuat dengan sesederhana menggunakan buku tulis.

3. Uang Belanja Dikelola dengan Baik

Menurut Bareyn, berapapun gaji atau penghasilan yang diterima, jika dikelola dengan baik akan cukup. Dan kamu sebaiknya jangan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Konten kreator dibidang keuangan @uang_kita itu juga menjelaskan fenomena semakin banyak ibu rumah tangga yang mengunggah rencana keuangan di media sosial. Namun kamu sebaiknya selalu waspada dan memilih apa yang diunggah di media sosial.

"Banyak orang yang mengunggah rencana keuangan keluarga ini, dari satu sisi menjadi hal yang cukup baik. Karena bisa jadi inspirasi bagi keluarga yang lain dalam mengelola keuangan mereka," tuturnya.

Kamu perlu hati-hati dalam mengunggah informasi mengenai keuangan karena bersifat sensitif dan rahasia. "Jangan sampai, mengunggah informasi-informasi yang berisikan password, informasi keluarga, informasi akun, dan lain sebagainya," tutupnya.

(gaf/eny)