Kisah Cewek Pelit Kebangetan: Cuma Punya 1 Lampu, Masak Pakai Air Bekas

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 05 Feb 2021 10:16 WIB
Ilustrasi keuangan keluarga Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan-balvan
Jakarta -

Untuk memaksimalkan tabungan, penghematan memang perlu dilakukan di keseharian. Tapi jangan pula terlalu hemat hingga malah menyusahkan. Seorang wanita disebut sebagai cewek paling pelit karena berbagai strateginya untuk mengurangi pengeluaran. Ia bahkan hanya punya satu lampu di rumah hingga membatasi lama mandi agar tidak banyak bayar biaya listrik dan air.

Cara seorang wanita menghemat pengeluaran jadi perbincangan. Tampil dalam acara Extreme Cheapskates, wanita bernama Stephanie Bennett tersebut dianggap ekstra pelit karena gaya hidupnya. Untuk menghemat uang, Stephanie hanya punya satu lampu di rumahnya. Saat hari sudah gelap, ia pun akan membawa lampu tersebut ke mana-mana.

Kisah Cewek PelitKisah Cewek Pelit Foto: TLC

Dengan cara tersebut, Stephanie mengaku bisa menghemat biaya listrik hingga $60 atau sekitar Rp 842 ribuan sebulan. Selain listrik, Stephanie juga sangat berusaha mengurangi penggunaan air dengan membatasi mandi. Disebut 'mandi angkatan laut', wanita tersebut membatasi dirinya sendiri dan pacarnya untuk hanya boleh mandi dua menit.

"Kamu masuk, nyalakan air, dan basahi tubuhmu. Matikan air dan sabuni tubuhmu untuk memastikan semua area terjangkau agar kamu tidak melupakan apapun karena kamu tidak bisa balik algi. Nyalakan air lagi dan bilas sabun," katanya.

Kisah Cewek PelitKisah Cewek Pelit Foto: TLC

Hal ini menjadi masalah bagi pacarnya yang juga di sana. Pria bernama Patrick itu menganggap Stephanie terlalu pelit padahal ia punya cukup uang. "Stephanie sebenarnya punya banyak uang untuk ditabungkan jadi dia tidak ingin mengeluarkan sedikit pun. Itu sangat menggelikan," ujar Patrick.

Patrick mengeluhkan jika dua menit tidak cukup untuk mandi. Dan untuk memastikan jika pacarnya tidak menghabiskan air, Stephanie menggunakan alat untuk memonitori bayi untuk memberi tahu jika waktunya habis.

Cara lain yang dilakukan ibu dua anak itu untuk menghemat air adalah dengan memasak dengan air yang bisa dipakai ulang. Misalnya dengan masak spaghetti dengan air yang sudah digunakan untuk masak bahan lain.

Kisah Cewek PelitKisah Cewek Pelit Foto: TLC

Untuk menghemat bahan makanan, Stephanie juga tak jarang menggunakan kembali bekas makanan sisa. Dalam acara yang tayang di TLC itu terlihat jika ia memasukkan sisa saus yang tidak termakan ke dalam botolnya. Ditampilkan saat Stephanie menggunakan dishwasher atau mesin cuci piring untuk memasak lasagna dengan baki yang sudah kotor karena tidak dicuci.

"Untuk menghemat uang, aku memanfaatkan alat cuci piring dan memasak makanan dengan mesin cuci piring. Aku hanya ingin memastikan aku membungkusnya dengan baik atau makanannya akan basah," kata wanita asal AS itu.

(ami/ami)