5 Rasa Takut Saat Mulai Bisnis Bisa Jadi Kekuatan, Ini Caranya

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Selasa, 24 Nov 2020 21:13 WIB
Businesswoman using Tablet Foto: iStock
Jakarta -

Takut ketika hendak memulai bisnis sebetulnya adalah hal yang wajar. Pengusaha sukses yang sudah membangun puluhan bisnis saja masih merasakannya. Terlebih kamu yang bahkan belum pernah terjun di bidang ini sebelumnya. Mulai dari takut produk tidak diterima pasar. Takut bisnis macet di tengah jalan. Atau bahkan takut bisnis kamu gulung tikar.

Meski begitu, jangan biarkan rasa takut itu jadi berlebihan. Apalagi menghalangi dan membuat kalah sebelum mulai berperang. Jika ingin memulai bisnis sendiri dari nol, berikut tips ampuh ubah ketakutan jadi kekuatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Meredefinisi Makna 'Gagal'

Tidak sedikit orang ragu berbisnis karena takut gagal. Namun, apa sih sebenarnya gagal itu? Apakah gagal merupakan lawan dari kesuksesan? Ternyata salah besar. Gagal justru menjadi bagian dari sebuah kesuksesan. Dari situlah kamu akan menerima masukkan untuk dapat terus belajar dan berkembang. Jadi, sebelum mulai berbisnis, ubah pandangan terhadap makna dari kata gagal tadi!

Berhenti Bandingkan Diri

Setiap orang memiliki jalan sukses yang berbeda-beda. Mungkin, bisnis lain lebih cepat maju dan berkembang. Sementara kamu masih tertinggal di belakang. Alih-alih membandingkan diri dengan mereka, kamu bisa belajar dari pendekatan dan strategi yang digunakan. Namun, tetap pertahankan keunikanmu, sebab itulah yang akan membuat bisnis unggul dan berbeda.

Konsisten

Mencoba sesuatu yang baru memang tidak menyenangkan. Pasalnya, kamu harus keluar dari zona yang selama ini membuatmu nyaman. Meski begitu, ingat untuk tetap terus berjalan dan hadapi segala tantangan yang ada di depan. Lama-kelamaan, pengalaman baru tadi akan menjadi terbiasa.

Fokus pada Solusi, Bukan Masalah

Untuk menjadi pebisnis andal, hadapi masalah, tapi jangan pernah berfokus padanya. Jika ada pelanggan yang mengalami kendala dengan produk, maka saat itu juga ada kesempatan untuk kamu menemukan solusinya. Sebab pada dasarnya, bisnis ada untuk mengatasi masalah yang ada di masyarakat bukan?

Mulai dari Hal Kecil

Membangun bisnis bukan berarti kamu harus mulai dengan hal besar. Bisnis sendiri bisa kok dibangun dari hal kecil dan sederhana. Misalnya saja tujuan untuk mendapatkan pelanggan pertama, membangun website, dan lainnya. Selama dilakukan secara konsisten dan mendapatkan hasil yang positif, hal-hal kecil tadi akan sangat membantu untuk mendorong bisnismu jadi lebih berkembang.

Nah, rasa takut ternyata tidak selalu negatif bukan? Kamu bisa menggunakannya sebagai kekuatan untuk membangun bisnis dari nol. Kalau kamu sudah memiliki ide bisnis di kepala, yuk, langsung eksekusi saja! Tuangkan ide bisnis kreatif milikmu di Xcelerate Business Competition yang diselenggarakan detikcom bersama XL PRIORITAS.

Proses pendaftaran dan seleksi bisnisnyai masih berlangsung sejak tanggal 26 Oktober sampai 4 Desember nanti! detikcom dan XL PRIORITAS akan memilih 3 pemenang terbaik dan 3 peserta favorit untuk mendapatkan hadiah menarik. Ada Macbook Air 128 GB, kamera mirrorless Fujifilm X-A10, Samsung Tab A8, dan masih banyak lagi.

Di samping lomba, kamu juga bisa dapat banyak insight soal bisnis dari para ahli, lho, seperti Gofar Hilman, Muhammad Aga, dan Sonia Eyrika. Menarik, ya! Tunggu apalagi? Segera wujudkan ide bisnis kamu jadi nyata lewat program Xcelerate Business Competition dihttps://www.detik.com/lets-xcelerate.

(prf/eny)