Tips Jalani Bisnis Fashion di Tengah Pandemi dari Zaskia Sungkar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 18 Nov 2020 14:29 WIB
Zaskia Sungkar yang sukses di dunia bisnis Zaskia berbagi tips bisnis fashion di tengah pandemi. Apa saja? (Foto: Instagram/@zaskiasungkar15)
Jakarta -

Akibat COVID-19, daya beli masyarakat menjadi berkurang karena pendapatan menurun dan juga maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK). Berbagai sektor industri pun terkena imbasnya, termasuk bisnis fashion.

Zaskia Sungkar berbagi tips menjalani bisnis fashion di tengah pandemi. Istri dari Irwansya itu saat ini tidak hanya memiliki bisnis fashion yang fokus di busana muslim, ada sejumlah bisnis lainnya yang saat ini dijalaninya seperti travel umrah dan haji serta kuliner.

Berikut tips dari Zaskia Sungkar membangun dan menjalani bisnis fashion di tengah pandemi :

1. Manfaatkan Media Sosial

Tips untuk pelaku usaha terutama di sektor fashion adalah manfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya. Media sosial menjadi cara mudah dan murah sebagai tempat marketing brand.

"Saya punya sebutan "annoying marketing campaign" jadi bagaimana promosi atas brand kita itu betul-betul kedengeran banyak orang. Sampai lengket, manfaatin semua free platform yang ada," kata Zaskia dalam webinar konferensi pers virtual kampanye Paragon Technology and INnovation #ParaWajahIndonesia, belum lama ini.

2. Tingkatkan Kreativitas

Selebriti dan pebisnis 29 tahun itu menambahkan bahwa pengusaha perlu memaksimalkan ide dan kreativitas untuk membuat konsumen tertarik dengan brand yang akan dibangun. Menurut Zaskia tak perli bujet yang besar, namun memiliki dampak yang besar.

Corona memang merugikan berbagai lapisan masyarakat. Namun Zaskia menyebut bahwa tetap ada peluang di tengah kesulitan ekonomi jika mau terus berusaha. Biasanya ide kreatif justru muncil di tengah kesulitan.

"Sebenarnya bisa, tapi harus ada masalah dulu baru jadi leih kreatif," ucapnya.

3. Survei dan Sesuaikan dengan Kebutuhan masyarakat

Bagi generasi milennial yang ingin mulai bisnis di tengah pandemi, Zaskia Sungkar menyarankan untuk melakukan survei bisnis terlebih dahulu. Carilah bisnis yang stabil dan yang sedang dibutuhkan oleh pasar.

"Misal makanan, minuman sehat, masker dan lainnya. Lalu buat sesuatu yang unik dan berbeda dari brand yang sudah ada," tambahnya.

(kik/kik)