4 Cara Melunasi Utang dengan Metode Snowball, Bayar yang Paling Sedikit Dulu

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 22 Jul 2020 06:00 WIB
Close up of female accountant or banker making calculations Foto: iStock
Jakarta -

Semua orang tentu tidak ingin punya utang. Tapi kadang keadaan mungkin memaksa kamu untuk meminjam uang ke banyak orang atau pihak. Saat utang menumpuk kamu mungkin bingung bagaimana bisa melunasinya apalagi jika ada bunga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan metode snowball. Yakni dengan mencicil utang dengan cara membayar justru yang lebih kecil dulu. Ketahui langkah-langkahnya agar utang bisa dilunasi dengan cepat.

Metode Snowball adalah cara bayar utang yang dipopulerkan oleh pakar keuangan Dave Ramsey. Cara melunasi utang berfokus pada membayar pinjaman yang paling kecil. Disebut sebagai snowball, cara mencicil utang dari berbagai sumber ini mengharuskan kamu melunasi pinjaman dengan sisa utang yang paling rendah ke tinggi seperti bola salju. Dengan cara ini, pemilik utang secara psikologis akan merasa jika beban finansialnya akan bisa lunas secara perlahan.

Cara melunasi utang dengan metode snowball ini pun bisa dibagi menjadi empat langkah berikut ini:

1. Jika kamu punya banyak utang dari berbagai sumber dan berniat melunasinya secara perlahan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar. Coba kumpulkan dari mana saja atau untuk apa saja kamu meminjam dan jumlah tepatnya. Kemudian urutkan dari yang jumlah sisanya paling rendah ke yang paling tinggi.

2. Untuk melunasinya, setiap bulan tetaplah bayar setiap cicilan minimum dari utang-utang tersebut. Tapi cobalah untuk membayar ekstra pada utang dengan jumlah sisanya paling sedikit. Jadi misalnya cicilan utang kartu kredit (utang 1) senilai Rp 500 ribu per bulan adalah yang paling kecil, kamu bisa membayarkan lebih banyak menjadi Rp 700 ribu atau Rp 800 ribu. Dengan begitu kamu bisa cepat memangkas utang itu lebih cepat dan melunasi daftarnya satu per satu.

3. Setelah sukses membayar lunas utang paling sedikit, gunakan uang ekstra yang kamu sebelumnya bayarkan untuk utang 1 untuk membayar ekstra utang 2. Artinya kamu harus tetap mencicil utang paling kecil dalam daftar dengan uang lebih dari cicilan yang ditetapkan.

4. Ulangi cara melunasi utang tersebut sampai semuanya bisa terbayar.

Metode snowball sebagai cara melunasi utang ini dianggap cukup efektif karena efek psikologisnya. Ketika melihat utang satu per satu lunas, kamu akan merasa bisa dan lebih termotivasi untuk melunasi yang lainnya.

Namun salah satu kekurangan dari metode ini adalah bisa menimbulkan bunga yang lebih besar karena utang dibayar secara pelan-pelan dan tanpa mempertimbangkan banyaknya bunga. Jika hal tersebut tampaknya akan menjadi masalah, sebaiknya kamu mengganti metode dengan fokus membayar yang bunganya yang lebih tinggi dulu.



Simak Video "Viral Amplop Nikahan Pelunas Utang, Netizen Ingin Meniru"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)