Mau Arisan Berlian Kayak Girl Squad Nia Ramadhani? Ini yang Harus Kamu Tahu

Hestianingsih - wolipop Senin, 15 Apr 2019 12:15 WIB
Nia Ramadhani, Jessica Iskandar dan genk Girl Squad lainnya arisan berlian. Foto: Dok. YouTube Jessica Iskandar Nia Ramadhani, Jessica Iskandar dan genk Girl Squad lainnya arisan berlian. Foto: Dok. YouTube Jessica Iskandar

Jakarta - Genk Girl Squad, Nia Ramadhani dan Jessica Iskandar baru saja mengadakan arisan berlian. Tertarik ikut mencoba? Ini hal-hal soal berlian yang perlu kamu tahu.

Arisan berlian bukanlah hal baru di kalangan sosialita Indonesia. Dalam buku 'Kocok! The Untold Stories of Arisan and Socialite' karya Joy Roesma dan Nadia Mulya yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka pun diungkapkan arisan berlian termasuk tipe arisan yang dicoba orang kaya Indonesia.

Arisan berlian merupakan masuk ke dalam arisan perhiasan. Selain berlian, emas batangan juga masuk dalam kategori arisan perhiasan ini karena nilai investasinya yang tinggi.


Dalam tayangan YouTube Jessica Iskandar terlihat para anggota genk Girl Squad melakukan arisan berlian yang sudah dibentuk menjadi perhiasan. Sebuah cincin berlian 0,5 karat bersertifikat resmi dibawa pulang Nia Ramadhani yang memenangkan arisan hari itu.

[Gambas:Instagram]



Sebenarnya apakah arisan berlian seperti yang dilakukan Girl Squad ini bisa jadi investasi masa depan? Menurut Financial Planner Aidil Akbar Madjid, hanya jenis berlian tertentu yang cukup berpotensi untuk mendatangkan keuntungan.

"Berlian ada beberapa tipe, ada yang karat kecil dan besar. Yang bisa dijadikan investasi adalah jenis berlian dengan 1 karat ke atas, dilengkapi dengan sertifikat karena bisa dijual-beli," tutur Aidil saat berbincang dengan wolipop.

Cincin berlian di arisan berlian Girl Squad.Cincin berlian di arisan berlian Girl Squad. Foto: Dok. YouTube Jessica Iskandar


Sementara untuk berlian dengan karat kecil atau berlian karat besar namun sudah dipecah menjadi tiga sampai empat butiran kecil sebaiknya hanya untuk dipakai sebagai perhiasan. Karena ketika dijual, akan ada pengurangan nilai hingga 30 persen.

"Berlian yang sudah dibagi dan sudah berbentuk perhiasan disebutnya jam pasir, itu kurang bagus untuk investasi. Sementara yang bisa dijadikan investasi adalah satu berlian utuh dengan karat besar, disebut berlian Solitaire," ujar pria yang berprofesi sebagai financial planner sejak 1994 ini.

Aidil juga menjelaskan, saat memutuskan berlian sebagai aset untuk investasi ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Selain besarnya karat, juga harus memperhatikan 4C (carat, color, clarity, cutting) dan kelengkapan sertifikat. Inilah yang cukup penting, karena tanpa adanya sertifikat maka harga berlian akan ditentukan oleh toko. Dan toko bisa menentukan ingin membeli dengan harga baru atau lama.

"Untuk berlian ukuran besar dengan sertifikat, jumlah berlian-lah yang menentukan harga jual. Berlian dengan kualitas bagus jumlahnya tidak banyak, dan hanya berlian karat besar yang bisa jadi investasi murni," jelasnya.


(eny/eny)