ADVERTISEMENT

Pentingnya Kenalkan Skincare Sejak Usia Remaja, Ini Kata Pakarnya

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 16 Des 2022 13:45 WIB
Peluncuran produk perawatan kulit EVERSINCE Foto: dok. R Chairini Putong/Wolipop
Jakarta -

Kesehatan kulit harus dijaga sejak dini terutama bagi para remaja. Pasalnya di usia belia, remaja mulai mengalami tantangan hormonal yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, komedo, ataupun bruntusan.

Hal itu dipaparkan oleh Dr. Arini Widodo, SpKK saat menghadiri acara peluncuran produk perawatan kulit remaja EVERSINCE pada Kamis (15/12/2022) di MOJA Museum Jakarta. Dia mengingatkan para remaja yang lebih suka bereksperimen soal kecantikan.

Menurutnya, membersihkan wajah menjadi langkah paling penting. Untuk itu Arini mengingatkan remaja melakukan double cleansing dengan memperhatikan formula dari produk yang digunakan dan tekniknya.

Peluncuran produk perawatan kulit EVERSINCEPeluncuran produk perawatan kulit EVERSINCE Foto: dok. R Chairini Putong/Wolipop

"Sebelum memakai skincare tentunya kita harus meyakinkan bahwa base-nya (kulit wajah) bersih. Jangan sampai ada yang tertinggal. Karena kotoran yang tertinggal bisa berjerawat. Kuncinya adalah (membersihkan wajah) sampai benar-benar bersih."

"Namun produk dan teknik juga harus diperhatikan. Kadang-kadang kita mau triple cleansing, empat kali, nggak berarti bisa membersihkan sampai bersih. Kadang-kadang tergantung produk yang dipakai dan cara membersihkannya. Misalnya double cleansing tapi ternyata cleansing-nya terlalu agresif. Itu juga dapat merusak kulit kita."

"Konsep membersihkan wajah yang benar adalah sampai benar-benar bersih tapi tidak merusak barrier kulit kita," jelas Arini.

Affi Assegaf, beauty influencer yang memiliki anak remaja berusia 15 tahun pun telah mengenalkan produk perawatan kulit pada putrinya. Dimulai dari tahapan skincare yang dianggap basic yaitu penggunaan cleanser dan sunscreen. Hal itu dilakukan Affi saat putrinya duduk di bangku kelas 4 SD.

Peluncuran produk perawatan kulit EVERSINCEArini Widodo dan Affi Assegaf Foto: dok. R Chairini Putong/Wolipop

"Karena aku memang sangat concern soal perawatan kulit, jadi dari umur sedini mungkin aku berusaha untuk kenalin skincare step yang benar-benar basic."

"Mungkin di kelas 4 SD. Aku udah kenalin cuci muka secara rutin sama pakai sunscreen. Itu dulu. Karena anak seusia segitu susah disuruh pakai skincare. Apalagi kalau berlayer-layer, pasti nggak mau. Jadi mulai dari yang simple dulu," ungkapnya.

Perlahan putri Affi Assegaf mulai membangun kebiasaan tersebut. Setelah mengenalkan cleanser dan sunscreen, Affi mengenalkan putrinya dengan moisturizer.

"Ketika dia mulai muncul jerawat, masuk usia remaja, pakai toner atau obat jerawat atau masker. Jadi perlahan-lahan disesuaikan dengan usianya, sih. Nggak bisa dipaksain," pungkas Co-Founder Female Daily itu.



Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)