Ini Urutan Skincare Remaja, Basic Perawatan untuk Pemula

Tim Beautynesia - wolipop Minggu, 08 Mei 2022 17:00 WIB
Natural beauty. Healthy skin. Dermatology hygiene. Cheerful smiling woman touching healthy fresh face on light defocused bathroom at morning. Urutan skincare remaja. Foto: Getty Images/iStockphoto/golubovy
Jakarta -

Remaja dikenal memiliki kulit yang rentan terhadap jerawat. Oleh karena itu penting untuk memakai skincare yang tepat termasuk urutan pemakaiannya. Bagaimana skincare routine remaja?

Yang remaja perlu tahu, meskipun ada sebagian tahapan skincare routine yang sama, beberapa produk skincare tidak cocok dipakai oleh kulit remaja. Untuk itu penting buat memilih basic skincare yang tepat agar wajah lebih sehat dan juga glowing.

Berikut urutan skincare remaja:

Gentle Cleanser

Membersihkan wajah jadi rutinitas awal yang sebaiknya dilakukan oleh remaja untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan juga glowing. Cobalah untuk memilih produk cleanser seperti facial wash atau micellar water yang disesuaikan dengan jenis kulit. Ada berbagai produk yang dikhususkan untuk remaja, kamu pun bisa mencobanya.

Hindari mencuci wajah memakai sabun mandi atau batangan. Seperti dikutip dari Skinkraft, mencuci wajah pakai sabun yang tidak diperuntukkan bagi wajah justru bisa memicu munculnya jerawat dan komedo hingga mengiritasi pori-pori. Buat pemula kamu bisa memilih gentle cleanser yang ringan dan lembut buat dipakai membersihkan wajah.

Moisturizer

Selanjutnya, menjaga kelembapan kulit juga bisa dilakukan pada usia remaja dengan melakukan tahapan skincare dengan memakai moisturizer atau pelembap. Setelah membersihkan kulit wajah, kamu bisa mengoleskan pelembap.

Natural beauty. Healthy skin. Dermatology hygiene. Cheerful smiling woman touching healthy fresh face on light defocused bathroom at morning.Ilustrasi urutan skincare remaja. Foto: Getty Images/iStockphoto/golubovy

Lakukan tahapan ini selama dua kali sehari buat menjaga kulit tetap terhidrasi, kenyal, dan tentunya lembap. Sama seperti cleanser, pastikan kamu mempelajari terlebih dahulu produk yang akan dibeli. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Baik itu kulit kering, berminyak, berjerawat, normal, hingga sensitif.

Sunscreen

Nggak kalah penting dari tahapan sebelumnya, melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari juga diperlukan bagi kulit remaja. Salah satu cara yang dilakukan dengan memakai sunscreen atau tabir surya. Pilih produk sunscreen yang memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Melansir dari Vogue, seorang ahli kulit dan dokter bedah bernama Dr Satish Bhatia mengungkap usia remaja tidaklah terlalu muda untuk memulai rutinitas dalam perlindungan kulit wajah dari efek buruk sinar matahari tiap harinya. Cobalah gunakan tabir surya yang mengandung SPF dengan jumlah spektrum luas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain urutan skincare remaja tadi, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan buat menjaga kesehatan kulit wajah. KLIK DI SINI untuk mengetahui bagaimana menjaga kesehatan kulit remaja.



Simak Video "Pentingnya Pakai Sunscreen Meski di Rumah Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)