ADVERTISEMENT

Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Hindari Menggunakan Setiap Hari

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 02 Agu 2022 18:15 WIB
A happy beautiful woman applying moisturizing cream on face, skin care and treatment concept Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia
Jakarta -

Retinol belakangan jadi primadona di dunia kecantikan. Bahan aktif tersebut memiliki banyak manfaat dan dinilai efektif bikin kulit glowing.

Retinol sendiri adalah bahan aktif yang merupakan turunan vitamin A. Fungsinya untuk meregenerasi kulit sehingga menghaluskan tekstur kulit, mencegah kerutan hingga mencerahkan.

Seiring dengan hype-nya serum berbahan retinol, tak sedikit juga orang yang memiliki dampak buruk dari produk tersebut. Tak jarang, mereka yang menggunakan retinol berakhir iritasi seperti efek terbakar atau malah menjadi jerawatan.

Bisa jadi efek buruk yang ditimbulkan karena efek retinol karena salah dalam pemakaiannya. Untuk itu ketahuilah cara pakai retinol untuk pemula yang tepat.

Pakai Retinol Secara Bertahap

Sejumlah pakar kecantikan setuju untuk memulai retinol secara bertahap. Hindarilah menggunakan retinol setiap hari, terlebih bagi mereka yang sama sekali belum pernah menggunakan retinol.

"Mulai menggunakan retinol dua sampai tiga kali seminggu," ungkap Dermatologi Dr. Corey L. Hartman dari Alabama, AS, seperti dikutip dari Marie Claire.

Dermatologi Tobechi Ebede menyarankan untuk memulai menggunakan retinol sedikit demi sedikit. Dimulai dari seminggu sekali. Di minggu kedua, bisa menggunakan retinol dua kali dalam dua minggu. Porsi penggunaannya pun bisa ditingkatkan kembali dengan menggunakan tiga kali seminggu dalam tiga minggu.

Jika kulit sudah terbiasa dan cukup kuat dengan paparan retinol, maka serum berbahan aktif tersebut bisa dipakai selang-seling. Meski kamu sudah 'pro' dengan retinol, tetap tidak disarankan menggunakannya setiap hari.

Retinol Hanya untuk Malam Hari

Retinol menjadi perawatan wajah malam hari. Efeknya akan bekerja maksimal ketika malam hari, dan tidak efektif jika dipakai siang hari.

"Retinol praktiknya digunakan di malam hari karena molekulnya tidak stabil jika terpapar sinar UV," ungkap dokter kulit Joshua Zeichner, MD, seperti dikutip dari Well and Good

Tahapan Pakai Retinol

Tahapan menggunakan retinol adalah dari pembersihan wajah terlebih dahulu. Gunakan sabun cuci muka berbahan lembut. Setelah mencuci wajah bisa dilanjutkan menggunakan toner. Pemilihan toner pun perlu diperhatikan. Saat menggunakan retinol, hindari toner yang memiliki efek peeling seperti AHA/BHA. Cari toner yang memberikan efek melembapkan. Setelah itu, gunakan retinol dan ditutup dengan moisturizer.



Simak Video "Pencarian Serum Pria di Google Meningkat 57 Persen pada Tahun 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)