Jangan Salah! Ini Cara Pilih Serum Wajah untuk Hasil Maksimal

Jihaan Khoirunnisa - wolipop Minggu, 17 Apr 2022 09:47 WIB
Ilustrasi serum Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jika ingin memiliki kulit wajah sehat maka perlu dilakukan perawatan dengan cara yang tepat. Salah satunya yaitu menggunakan serum.

Serum merupakan salah satu produk yang cukup digandrungi oleh skincare enthusiast. Sifatnya dikenal mampu meresap cepat dan ringan di wajah sehingga dapat memberi manfaat pada wajah. Namun, banyaknya serum wajah yang dijual di pasaran memang membuat bingung.

Apalagi, serum memiliki jenis dan kegunaan masing-masing yang mesti diperhatikan. Yuk, simak cara memilih jenis serum yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal, seperti dikutip dari The Skincare Edit!

1. Atasi Masalah Penuaan dengan Anti-Aging Serum

Tidak ada wanita yang ingin terlihat lebih tua dari usianya. Akibatnya, penggunaan anti-aging serum menjadi penting untuk melawan masalah penuaan, seperti garis halus, kendur, atau kerutan. Sekaligus memberikan efek mengencangkan.

Kebanyakan serum anti-aging mengandung bahan aktif berupa retinol yang efektif menyamarkan kerutan pada wajah. Namun, ada juga yang diperkaya kandungan bakuchiol dan vitamin C.

2. Hydrating Face Serum yang Melembapkan

Memiliki wajah kering dan kusam pastinya bikin kamu nggak nyaman dalam menjalankan aktivitas. Apalagi, kondisi kulit wajah yang terlalu kering bisa memicu berbagai permasalahan kulit wajah, seperti iritasi. Namun, saat kulitmu kering, terkadang tidak cukup jika hanya mengandalkan pelembap dan cream.

Karena itu, perlu menggunakan serum wajah. Sebab hydrating serum bekerja dengan menembus jauh ke dalam pori-pori untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah. Namun, perlu digarisbawahi, penggunaan hydrating serum bukan sebagai pengganti pelembap harian, ya. Melainkan serum akan bekerja bersamaan dengan produk pelembap dalam menghidrasi kulit.

3. Calming Serum, Cocok untuk Si Kulit Sensitif

Kondisi kulit sensitif biasanya akan mudah bereaksi terhadap alergi, paparan sinar matahari, dan kandungan bahan aktif. Atau bahkan debu hingga faktor cuaca yang berubah-ubah. Sehingga sangat mudah memerah dan iritasi. Saat kulit wajah sedang sensitif, kamu dapat mengatasinya skincare yang mengandung bahan-bahan yang bersifat menenangkan, seperti calming serum. Calming serum juga bisa menguatkan skin barrier yang rusak akibat reaksi alergi

4. Exfoliating Serum, Kulit Wajah Auto Glowing!

Kulit kusam menjadi permasalahan yang sering dialami oleh wanita. Biasanya, kondisi ini karena banyak sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Karena itu, bagi yang mengalami masalah kulit kusam disarankan untuk rutin melakukan eksfoliasi wajah. Tujuan dari ini yakni untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah. Dengan begitu kulit wajah akan tampak lebih halus, cerah, dan antikusam.

Selain scrub, kamu bisa menggunakan exfoliating serum yang dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati, sekaligus menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam. Akan tetapi, penggunaan serum wajah ini sebaiknya dibatasi 2-3 kali saja dalam satu minggu.

5. Skin Brightening Serum untuk Wajah Cerah Merona

Bagi yang ingin memiliki kulit wajah cerah berseri, coba deh mulai aplikasikan brightening serum. Hal ini karena keunggulannya dalam mencerahkan kulit wajah yang kusam. Serum pencerah wajah juga bekerja dengan mengatasi masalah hiperpigmentasi, dan bintik-bintik hitam.

Umumnya, skin brightening serum diperkaya dengan kandungan utama vitamin C atau niacinamide. Namun, ada beberapa juga yang menggunakan bahan aktif lainnya, mulai dari kojic acid hingga yang teranyar Symwhite 377 (Phenylethyl Resorcinol).

Salah satu brand serum pencerah wajah lokal yang memiliki formula Symwhite 377 yaitu Y.O.U Beauty dengan produknya Y.O.U Skin Energy Brighten Facial Serum. Produk lokal ini juga dilengkapi dengan niacinamide serta kandungan bahan alami tangerine, yang mampu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit dan memberi hasil optimal dalam mencerahkan kulit. Cocok banget bagi kamu yang mendambakan kulit wajah glowing maksimal.

Y.O.U Beauty Foto: Y.O.U Beauty

Serum ini juga memiliki tekstur ringan dan mudah meresap secara maksimal ke dalam kulit, tanpa meninggalkan residu. Jadi, tidak meninggalkan kesan berat serta mudah dilayer dengan produk skincare lainnya.

Soal harga, nggak perlu khawatir karena salah satu rangkaian personalized skincare 'Y.O.U Skin Energy Facial Serum' ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau, yaitu Rp 74 ribu saja.

Jadi, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, jangan asal pakai serum wajah, ya! Pastikan serum yang dipilih sesuai dengan kondisi serta masalah kulit yang sedang dialami.

(akn/ega)