ADVERTISEMENT

Ketahui Perbedaan Jerawat Remaja & Dewasa Dan Cara Mengatasinya

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 17 Jul 2022 08:00 WIB
Asian woman having skin problem with acne face ,squeezing pimples with mirror Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Jerawat menjadi masalah kulit yang hampir dialami oleh semua orang. Dari sebuah data, 46% orang Indonesia mengalami masalah jerawat.

Biasanya jerawat mulai timbul di usia remaja. Tapi di usia yang sudah menginjak dewasa pun bisa saja jerawat muncul.

"Jerawat 80% pada remaja. Jerawat juga bisa dialami oleh orang dewasa, pada usia 25 tahun," ungkap dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, Dermato Venereologist baru-baru ini di acara peluncuran La Roche Posay 'Effclar Spotscan.'

Ada perbedaan yang mencolok dari jerawat remaja dan dewasa. Salah satunya adalah letak jerawat itu sendiri. Jerawat remaja ada di area T atau sekitar dahi Sementara jerawat dewasa biasanya muncul di sekitar U-Zone atau dagu dan dekat bibir.

"Remaja usia mulai belasan terjadi jerawat karena hormonnya meningkat dan paling banyak kelenjar sebasea," terang dr. Fitria.

Sementara jerawat dewasa belum diketahui secara pasti tentang penyebabnya. Namun dr. Fitria menerangkan bahwa jerawat dewsa bisa jadi karena ada penyebab lain yang lebih serius.

"Acne adult bisa terjadi karena masalah yang lebih dalam. Kondisi PCOS, tumor tertentu, androgen meningkat, karena kosmetik juga bisa terjadi atau stres pekerjaan," jelas dr. Fitria.

Dr. Fitria memberikan saran bagi mereka yang berjerawat, yang utama adalah memilih skincare dengan tepat. Ketika skincare-nya sudah sesuai dengan jenis kulit maka masalah kulit bisa teratasi.

Selain itu diet atau pola makan yang tepat. "Jerawat ada korelasinya dengan olahan susu. Coba dikurangi. Jerawat juga terjadi karena kosmetik yang terlalu menutup kulit," tambah dr. Fitria.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)