ADVERTISEMENT

La Roche Posay Rilis Alat Deteksi Jerawat Canggih, Analisa Kulit Lewat Ponsel

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 14 Jul 2022 17:53 WIB
La Roche Posay Foto: dok. La Roche Posay
Jakarta -

Brand skincare asal Prancis La Roche Posay memperkenalkan teknologi pendeteksi jerawat di wajah hanya lewat kamera ponsel. Teknologi bernama Effclar Spotscan tersebut diperkenalkan di Indonesia pada Rabu (13/7/2022).

Jerawat menjadi masalah kulit utama yang sering terjadi pada wanita di dunia, termasuk di Indonesia. Merek skincare berbasis dermatology itu sekaligus menyadari bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan akses untuk bisa berkonsultasi dengan dokter kulit menanyakan tentang kondisi jerawat mereka.

Hadirlah Effclar Spotscan yang merupakan inovasi teknologi dari La Roche Posay yang berbasis artificial intelligence (AI) yang dikembangkan bersama dermatologi dunia. Teknologi tersebut akan mendeteksi kulit berjerawat, sekaligus mencari tahu seberapa parah kondisi jerawat yang dimiliki.

"Skin analysis ada beberapa macam. Biasanya analisa masalah aging, atau tipe kulit kering atau berminyak. Ini spesifik untuk jerawat. Result-nya pun kita pakai GEA (global evaluation acne)," terang Nestya Sedayu, Head of Marketing Active Cosmetics Division L'Oreal Indonesia dalam peluncuran Effclair Spotscan di Lucy In The Sky, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu ke website La Roche Posay Indonesia dan klik 'Try Spotscan'. Kemudian kamu bisa berfoto selfie sesuai yang telah diarahkan.

Setelah itu muncul skala GEA (global evaluation acne) atau hasil keparahan jerawat. Skalanya dari 0 - 5. Dari skala tersebut direkomendasikan produk perawatan La Roche Posay yang sesuai, namun jika hasil lebih dari 2 maka akan disarankan untuk ke dermatologi.

"Level akurasinya sekitar 87% untuk mengalisa masalah kulit berjerawat," kata Nestya.

Tak hanya bisa menganalisa jerawat yang meradang, namun Effclair Spotscan juga bisa mendeteksi noda bekas jerawat dan komedo. Teknologi ini tidak hanya dikembangkan oleh tim developer AI saja, namun juga bekerja sama dengan dermatologi di seluruh dunia dan telah divalidasi lewat studi medis yang menggunakan lebih dari 7.000 sampe foto dari berbagai tingkat keparahan jerawat yang berbeda-beda.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)