ADVERTISEMENT

Cara Mencegah Jerawat untuk Semua Jenis Kulit, Perhatikan Skincare dan Diet

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 01 Des 2021 09:30 WIB
Cropped shot of a young woman squeezing a pimple on her face Ilustrasi jerawat. Foto: iStock
Jakarta -

Masalah kulit seperti jerawat dapat dialami berbagai golongan usia. Jerawat pun dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan skin microbiome alias mikrobioma kulit yang menjadi perisai kulit. Bagaimana cara mencegah jerawat?

Skin microbiome, yang terdiri dari bakteri, jamur, dan virus telah menempati kulit sejak lahir. Dalam jumlah yang seimbang, skin microbiome dapat mempertahankan pH kulit dan berperan sebagai pertahanan alami. Cara mencegah jerawat dapat dilakukan dengan mencegah dysbiosis atau ketidakseimbangan skin microbiome.

Penyebab Ketidakseimbangan Skin Microbiome

Ketidakseimbangan skin microbiome menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Hal itu diungkap dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, dokter Dermato Venereologist, dalam acara virtual DERMLIVE La Roche-Posay pada Selasa (30/11/2021).

Sebelum mencari cara mencegah jerawat, kita perlu mengetahui faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan skin microbiome. Ada dua faktor yang menyebabkan jerawat timbul. Faktor intrinsik yang berasal dari dalam tubuh seperti usia, genetik, hormon, stres, dan kualitas istirahat. Ada pula faktor ekstrinsik seperti hygiene, beauty routine, UV exposure, kegiatan fisik, polusi, dan air.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Lebih lanjut, dr. Fitria Agustina mengungkap beberapa cara mencegah jerawat. Dimulai dengan memilih kosmetik dan skincare yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Menjaga pola makan atau diet pun tidak kalah penting.

"Makan makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi, itu akan lebih mudah terjadi jerawat. Kemudian ada dairy food. Dairy food adalah makanan olahan susu. Bukan tidak boleh, tetapi (harus) dikurangi," jelasnya.

Cara mencegah jerawat lainnya adalah menghindari stres, lingkungan asap rokok, dan kosmetik yang bersifat oklusif (mengunci kelembapan kulit sehingga mencegah berkurangnya kadar air).

(rcp/rcp)