Ini Dampak Memakai Sunscreen Kedaluwarsa, Jangan Disepelekan!

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 10 Jun 2022 14:45 WIB
Morgan Vacala Efek memakai sunscreen kedaluwarsa. Foto: TikTok
Jakarta -

Menerapkan serangkaian skincare saja kadang belum cukup untuk memastikan kulit tetap sehat. Kamu juga perlu memperhatikan faktor lain seperti tanggal kedaluwarsa produknya. Seorang wanita mengungkap dampak memakai sunscreen kedaluwarsa dan tidak seharusnya digunakan. Postingannya yang viral jadi peringatan untuk tidak sembarangan pakai sunscreen.

Sunblock atau sunscreen memang menjadi salah satu produk yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari iritasi, tanda-tanda penuaan hingga kanker karena sinar matahari. Tapi jika menggunakan tabir surya yang salah. produk itu malah bisa menyebabkan efek lebih parah. Wanita bernama Morgan Vacala bahkan mendapati wajahnya terbakar dan butuh penyembuhan lama karena mamakai tabir surya yang lewat tanggal kedaluwarsa.

@morganvacala

Morgan membagikan sebuah video TikTok yang mengungkap keadaan kulitnya yang terkena dampak memakai sunscreen kedaluwarsa. Wajahnya jadi terbakar level dua di bagian dahi dan terlihat cukup parah. Morgan mengaku sebelumnya sering terpapar sinar matahari tapi tidak pernah seperti itu.

"Butuh waktu 2-3 minggu untuk sembuh. Aku sering bermain di kapal dan di kolam renang tapi tidak pernah ada masalah terbakar seperti ini," katanya dalam video yang dilihat lebih dari 5 juta kali.

@morganvacala

Di kolom komenter terungkap bahwa ada beberapa orang yang mengalami hal serupa dengan Morgan. Sedangkan netizen lain berterima kasih padanya karena sudah mendapat peringatannya. "Itu terjadi padaku saat kecil. Itu lah mengapa aku selalu membeli sunscreen baru setiap tahun," "Kamu menyelamatkan keluargaku dari kulit terbakar," "Hari kedua liburan dan aku mencari di tas ternyata semua sunscreen-ku kedaluwarsa," tulis netizen.

FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) menyarankan agar sunscreen diperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Agar tidak tekena dampak memakai sunscreen kedaluwarsa, sebaiknya kosmetik tersebut tidak dipakai setelah tiga tahun sejak dibeli. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum ke luar rumah.

(ami/ami)