Viral di TikTok Tren Perawatan Kulit Pakai Mentimun Beku, Amankah?

Hestianingsih - wolipop Senin, 09 Mei 2022 21:00 WIB
mentimun Ilustrasi mentimun. Foto: iStock
Jakarta -

Mentimun dikenal sejak dulu sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit. Kini tren di TikTok mengungkap cara baru memanfaatkan mentimun sebagai skincare rumahan, yaitu dengan membekukannya.

Belakangan ini mentimun beku ramai dibicarakan para beauty enthusiast di TikTok dan diklaim dapat memberi efek instan membuat kulit lebih segar dan kencang. Bahkan trik kecantikan ini disebut bisa jadi alternatif pengganti gua sha untuk pijat wajah.

Caranya, masukkan mentimun ke dalam kulkas atau freezer sampai jadi dingin atau beku. Kemudian gunakan mentimun tersebut sebagai alat untuk memijat selama beberapa menit.

Para pengguna TikTok yang sudah mencoba tips ini mengklaim kalau mentimun beku bisa mengurangi wajah bengkak serta meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Bahkan ada yang menyebut kalau mentimun beku bisa memberi manfaat seperti cryotherapy, metode terapi gas dingin untuk mengencangkan kulit dan membakar kalori.

Bagaimana para pakar menanggapi tren kecantikan ini?

Menurut Jennifer Wener, peneliti dari Procter & Gambler di departemen skincare, merawat wajah dengan mentimun beku mungkin bisa bermanfaat bagi kulit. Sebab sensasi dinginnya berkhasiat menenangkan kulit.

"Mentimun beku, atau benda beku lainnya, akan memberi efek menenangkan pada kulit kemerahan, bengkak atau kulit yang terasa sakit, kering maupun kasar," jelasnya seperti dikutip dari InStyle.

@nadayroud Trust me on the frozen cucumber hack for ur skin and purple eye shadow ( especially if u have brown or hazel eyes). #fy #xyzbca #foryou #fy #makeup #purpleeyeshadow #purple #eyeshadow #cucumber #skin #cucumberhack ♬ will smith. - Eric Fernandes

Selain itu karena lebih dari 90 persen kandungan mentimun adalah air, bahan alami ini bisa jadi pertolongan pertama pada kulit yang sangat kering atau mengelupas. Mentimun juga dipercaya dapat mengurangi peradangan karena kandungan flavonoid dan tanin.

"Mentimun juga berkhasiat meredakan luka terbakar matahari dan mengurangi bengkak di bawah mata. Hal ini karena mentimun dingin bisa menyempitkan pembuuh darah, sehingga mengurangi sirkulasi di area tertentu," jelas Blair Murphy-Rose, MD, FAAD, dermatologist yang berbasis di New York.

Blair pun memberi tips untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari mentimun beku. Menurutnya sangat penting memastikan mentimun bersih terlebih dahulu sebelum digunakan.

"Bersihkan mentimun dengan air, keringkan, lalu potong salah satu ujungnya dan taruh di dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian aplikasikan mentimun dingin itu ke kulit dan pijat secara perlahan," saran Blair.

Menurut Blair, mentimun dingin yang ditaruh di kulkas lebih aman digunakan ketimbang mentimun beku. Sebab mentimun beku yang baru dikeluarkan dari freezer dan langsung digunakan berpotensi melukai kulit.

"Kandungan mentimun 95 persennya air dan formasi es yang terbentuk berisiko melukai kulit jika diaplikasikan langsung dari freezer. Jadi mentimun yang didinginkan di kulkas akan lebih baik," pungkasnya.



Simak Video "Pesona IU-Kang Dong Won di Red Carpet Cannes Film Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)