5 Manfaat Vitamin C Untuk Wajah

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 07 Feb 2022 12:45 WIB
Manfaat vitamin C untuk wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto Manfaat vitamin C untuk wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit khususnya wajah. Nutrisi anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit, menghidrasi kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Apalagi manfaat vitamin C untuk wajah?

Kamu bisa mendapatkan vitamin C dalam buah-buahan dan sayuran dan lainnya. Namun para peneliti telah menemukan bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat, menggunakan vitamin C secara topikal lebih efektif daripada mengonsumsinya.

Menambahkan vitamin C ke rutinitas perawatan kulit, tidak hanya dapat mencerahkan kulit tetapi juga melindungi dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas berbahaya. Antioksidan kuat ini biasa digunakan dalam pembersih wajah, serum, minyak, dan pelembab.

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, nutrisi yang larut dalam air yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C topikal terbukti secara klinis bermanfaat berkat sifat antioksidan, antipenuaan, antipigmentasinya. Nutrisi ampuh ini menawarkan banyak manfaat bagi kulit, termasuk potensi untuk:

- Membuat kolagen, digunakan untuk menjaga kulit awet muda

- Menyembuhkan luka

- Memelihara dan memperbaiki kulit dan tulang rawan yang rusak

- Mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan

- Mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah

- Mengurangi munculnya bintik hitam dan mencegah penuaan dini

Lebih lengkapnya, berikut manfaat vitamin C untuk kulit wajah yang perlu kamu ketahui:

1. Mengurangi Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Dalam sebuah studi klinis kecil, para peneliti mengamati bahwa vitamin C membantu mengurangi dan mencegah lingkaran hitam di bawah mata dengan memperkuat kulit tipis dan halus di bawah mata. Sifat antioksidan vitamin C membuat kulit lebih elastis dan tangguh, membantu menyembunyikan pembuluh darah di bawahnya.

2. Produksi Kolagen

Vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah bahan pembangun kulit, rambut, otot, dan tendon, dan itulah yang membuat kulit terlihat awet muda dan halus. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen melambat, yang dapat menyebabkan kulit kendur.

Ketika dioleskan, vitamin C mempercepat produksi kolagen dan elastin, yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Vitamin C topikal dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit, memulihkan penampilan muda dan halus pada kulit.

3. Mengobati Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi, kondisi umum yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik gelap pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi. Meski tidak berbahaya, hiperpigmentasi bisa membuat kamu tampak lebih tua.

Penelitian membuktikan manfaat vitamin C untuk wajah dapat mengurangi bintik hitam....LANJUT DI HALAMAN BERIKUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nayeon TWICE Jadi Solois K-Pop Pertama yang Masuk Top 10 Billboard 200"
[Gambas:Video 20detik]