5 Manfaat Vitamin C untuk Wajah, Samarkan Flek Hitam hingga Kerutan

Sponsored - wolipop Kamis, 23 Sep 2021 11:01 WIB
Bhumi Foto: Bhumi
Jakarta -

Punya wajah cerah, bersinar, dan bebas masalah kulit tentu jadi idaman banyak perempuan. Namun, untuk mendapatkannya bukanlah hal yang mudah. Apalagi masalah kulit seperti flek hitam, jerawat, kulit kering dan kusam sering terjadi pada perempuan. Belum lagi kerutan yang suka muncul seiring bertambahnya usia.

Merawat kulit menjadi hal penting guna mengatasi berbagai masalah tersebut. Salah satunya menggunakan skincare yang mengandung vitamin C. Selain baik untuk kesehatan tubuh, vitamin C ternyata juga memberi banyak manfaat bagi kulit. Melansir berbagai sumber, berikut 5 manfaat vitamin C untuk kulit wajah.

Melindungi dari Sinar UV dan Polusi

Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, kandungan antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas seperti polusi. Meski demikian, penggunaan vitamin C tetap perlu dibarengi dengan sunscreen yang mengandung SPF.

Menyamarkan Flek Hitam

Vitamin C sering kali disebut sebagai holy grail untuk mencerahkan kulit. Bahkan, penggunaan skincare vitamin C yang rutin dapat menyamarkan bercak gelap atau hitam atau hiperpigmentasi. Dalam sebuah penelitian, vitamin C yang dioleskan ke kulit selama 16 minggu secara signifikan mengurangi flek hitam. Tak hanya flek hitam, pengaplikasian vitamin C juga dapat mengurangi kantung hitam pada mata.

Mengurangi Keriput

Ingin tetap awet muda? Vitamin C juga bisa jadi solusi sebagai skincare anti-aging. Beberapa penelitian menunjukkan vitamin C dapat mengurangi munculnya kerutan jika digunakan setidaknya selama 12 minggu. Selain itu, penelitian menunjukkan orang yang makan lebih banyak vitamin C memiliki lebih sedikit kerutan. Terlebih jika hal ini dibarengi dengan diet sehat dengan mengonsumsi nutrisi seperti jeruk, brokoli, paprika merah, dan bayam.

Meningkatkan Kolagen

Kandungan protein yang satu ini secara alami memang telah ada pada kulit. Adapun fungsi dari kolagen adalah untuk membantu menjaga kekenyalan kulit agar tidak kendur. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh akan memperlambat produksi kolagen. Oleh karena itu, diperlukan vitamin C untuk dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit serta menjaganya. Dengan begitu, kulit wajah bisa tetap kencang, pori-pori mengecil, dan awet muda.

Menghidrasi Kulit

Menjaga agar kulit tetap terhidrasi juga jadi hal penting. Pasalnya, ini menjadi kunci agar kulit bisa selalu lembap. Kulit yang lembap tentu akan lebih tampak sehat dan awet muda, bahkan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Tanpa kelembapan yang cukup, epidermis (lapisan atas kulit) akan mudah mengering sehingga menyebabkan kulit gatal, bersisik, dan muncul tanda penuaan dini. Dalam hal ini, vitamin C terbukti secara klinis membantu kulit menahan air, menjaganya agar tetap kenyal dan halus serta mencegahnya menjadi terlalu berminyak atau kering.

Untuk mendapatkan wajah yang cerah, kamu bisa memanfaatkan skincare dengan kandungan vitamin C. Selain penggunaan facial wash dan pelembap, penggunaan serum yang mengandung vitamin C juga sangat diperlukan. Salah satunya dengan menggunakan C+ Brightening Booster dari Bhumi.

https://www.bhumi.co.id/produk/c-brightening-boosterFoto: Bhumi

Berbeda dengan skincare lainnya, C+ Brightening Booster menggunakan jenis vitamin C Ethyl Ascorbic Acid sebanyak 10%. Jenis vitamin C ini merupakan vitamin paling stabil dengan antioksidan terbaik, tidak mudah teroksidasi dan tidak memberikan efek samping dan iritasi.

C+ Brightening Booster juga memiliki tekstur ringan sehingga dapat digunakan sebagai pre-serum atau di mix and match dengan skincare lain seperti toner, serum, moisturizer dan face oil. Serum ini juga mengandung Alpha Arbutin 3% sebagai alternatif natural dari Hydroquinone yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Alpha Arbutin juga mengurangi noda dan flek hitam pada wajah akibat pertumbuhan melanin dari paparan sinar UV atau bekas jerawat, serta menghidrasi kulit.

(Content Promotion/Riza Kreasi Naturalindo)