Mengenal Manfaat Vitamin C untuk Perawatan Kulit

Vina Oktiani - wolipop Senin, 11 Nov 2019 19:32 WIB
Foto: shutterstock
Jakarta - Vitamin C salah satu kandungan yang populer ada di dalam produk perawatan kulit. Banyak dokter kulit yang merekomendasikan vitamin C untuk dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan kulit. Vitamin C pada umumnya aman digunakan oleh semua jenis kulit dan tidak memiliki potensi untuk menyebabkan iritasi kulit seperti kandungan aktif lainnya, salah satunya retinol. Meski demikian sebelum menggunakan vitamin C ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu agar dapat memilih produk vitamin C yang tepat bagi kulit. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memilih dan menggunakan vitamin C.

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C atau yang juga dikenal sebagai asam askorbat dapat digunakan secara topikal (dioleskan ke kulit) maupun oral (diminum(. Vitamin C yang digunakan untuk pemakaian topikal dapat bermanfaat sebagai antioksidan pada kulit. Sedangkan jika dikonsumsi dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C banyak ditemukan dalam buah-buahan (jambu biji, kiwi dan pepaya), sayuran hijau, dan tomat.

Seperti dikutip dari Harvard Medical School, tubuh tidak memproduksi Vitamin C. Oleh sebab itu sangat penting untuk memperoleh vitamin C dari luar dengan mengonsumsi atau menggunakannya sebagai krim. Menggunakan kedua cara tersebut secara bersamaan dianggap cukup efektif untuk memberikan hasil yang optimal.

Apa Manfaat Vitamin C?

Jika digunakan secara rutin dan tepat, vitamin C dapat memberikan segudang manfaat bagi kulit. Vitamin C bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV, melawan kelebihan pigmentasi, membantu meningkatkan produksi kolagen, serta menjaga kekenyalan dan keelastisan kulit.


Selain itu Vitamin C juga kaya akan antioksidan sehingga bisa membantu meminimalkan bahaya sinar matahari dan menghambat melanogenesis (proses pembentukan pigmen di kulit). Vitamin C dapat mendetoksifikasi, mencerahkan, meratakan warna kulit, dan memperkuat dinding pembuluh darah kulit yang memberikan efek anti-inflamasi.

Bagaimana Cara Memilih Formula Vitamin C yang Tepat Bagi Kulit?

Seperti dikutip dari Chatelaine, formula vitamin C yang paling efektif bagi kulit hadir dalam bentuk serum. Menurut Dr. Marc DuPere, ahli bedah plastik estetika, serum vitamin C dapat memberikan penyerapan yang lebih baik pada kulit. Selai itu proses pengaplikasiannya juga terbilang cukup mudah.


Bagi kamu yang pemula, DuPere menyarankan untuk memilih vitamin C atau asam askorbat L-10% hingga 20% yang dicampur dengan vitamin E untuk penyerapan yang lebih baik. Selain itu, carilah produk yang diformulasikan dengan tetrahexyldecyl askorbate, yang merupakan bentuk vitamin C yang stabil dan memiliki lebih sedikit kemungkinan menyebabkan kulit iritasi.

Kapan Harus Menggunakan Vitamin C?

Vitamin C biasanya digunakan pada pagi dan malam hari. Namun sebenarnya vitamin C justru lebih disarankan digunakan pada siang hari untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Dr. Shannon Humprey, dokter kulit kosmetik, mengatakan cara terbaik untuk menggunakan vitamin C adalah dengan meneteskan beberapa tetes serum vitamin C pada wajah yang baru dicuci setiap paginya. Setelah itu tetap gunakan pelembab dan tabir surya. Humprey juga mengatakan bahwa menggunakan vitamin C sehari sekali saja sudah cukup karena manfaatnya bisa bertahan sampai 24 jam.




Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)